Lagi Viral, Ini Dia 3 Destinasi Wisata Terpopuler di Sragen Jawa Tengah

Taman Dayu Alam Asri ini selalu ramai saat akhir pekan.
Sragen terletak di samping kota Solo, Kabupaten ini diresmikan pada tahun 1950, lebih tepatnya pada 18 Maret.

Taman Dayu Alam Sari, Foto: Ria Laarasati Putri

SRAGEN – Walaupun diresmikan pada tahun 50-an, akan tetapi sejatinya kabupaten ini sudah ada sebelum Indonesia merdeka, yaitu sejak 1746.

Kabupaten ini memiliki luas 940 km persegi dengan total populasi sekitar 900 ribu penduduk. Walau daerah ini tidak luas, namun Sragen cukup menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Penginapan Terdekat dengan Pantai Parangtritis Yogyakarta 

Jika wisatawan yang ingin berkunjung ke Sragen dengan tujuan perjalanan wisata, yuk simak 3 destinasi wisata terpopuler di Sragen Jawa Tengah yang sayang jika dilewatkan.

Ganesha Technopark

Tempat wisata ini adalah sebuah taman wisata yang memiliki keunikan. Tempat wisata ini berada di Jalan dr. Sutomo Nomor 4, Sragen,m Jawa Tengah.

Taman ini merupakan milik pemerintah yang dibangun khusus sebagai wadah penelitian serta pelatihan kerja untuk masyarakat, khususnya para akademisi dan peneliti.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah 

Selain menyediakan sarana dan prasarana, Pemerintah Kabupaten Sragen juga ikut membantu para peneliti yang ada di sini untuk mempromosikan hasil penelitiannya.

Untuk para wisatawan yang ingin sekedar berjalan-jalan di Technopark ini, bisa berkunjung ke area pusat wisata Eco Techno Sragen yang notabene memang dibangi sebagai tempat wisata untuk umum.

Taman Dayu Alam Sari

Untuk para wisatawan yang ingin berlibur untuk melepas penat tubuh dan pikiran di akhir pekan, baik bersama keluarga dan anak-anak di Sragen, tempat wisata yang cocok adalah wisata pemandian yang bernama Taman Dayu Alam Sari.

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Dayu, RT 08, Gembong, Kecamatan Saradan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Tempat ini menawarkan daya tarik utama yang berupa kolam pemandian buatan, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air yang bisa dicoba.

Taman Dayu Alam Asri ini memiliki air yang segar dan udara yang sejuk, hal ini karena letak taman ini berada di daerah pedesaan yang sarat akan air bersih dan udaranya yang sejuk.

Pada akhir pekan atau libur nasional, Taman Dayu Alam Asri ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

Gunung Banyak

Pagi para pecinta alam yang ingin berburu foto di alam terbuka, di Sragen terdapat spot foto yang bagus dan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Kawasan tersebut bernama Gunung Banyak yang terletak di area sawah Desa Srawung, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Di sini para wisatawan bisa mengambil berbagai macam jenis foto dengan background pegunungan yang dipenuhi bebatuan karang dan pohon hijau.

Daerah ini diberi nama dengan Gunung Banyak karena bagian puncaknya berundak-undak sehingga seperti barisan gunung.

Karena undakan yang serupa gunung itu banyak, akhirnya masyarakat sekitar memberikan nama dengan Gunung Banyak.

Tempat wisata ini tergolong sangat asri dan alamnya terjaga dengan sangat baik, oleh karena itu tidak salah jika tempat ini dijadikan sebagai tempat liburan saat berada di Sragen Jawa Tengah.