Ini Dia Rekomendasi Wisata Air Terjun Terfavorit di Semarang Jawa Tengah

Dinamakan Air Terjun Tujuh Bidadari karena konon ada bidadari yang mandi.
Tempat wisata air terjun selalu dicari dan diburu untuk didatangi saat hari libur.
 
Air Terjun Tujuh Bidadari, Foto: Instagram @arfandyag

SEMARANG – Daerah yang satu ini memiliki banyak air terjun tersembunyi yang layak untuk dikunjungi. Semakin tersembunyi tempat wisata semakin diminati banyak orang, karena menyuguhkan panorama alam yang sangat indah dan tentunya sangat menyenangkan berada disana.

Beberapa air terjun ini memiliki pesona yang menakjubkan, maka tak heran jika wisatawan kerap mencarinya di tengah hiruk pikuk Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah. Selain itu, air terjun di Semarang juga memiliki suasana alam yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah 

Kealamian yang terdapat pada air terjun inilah yang membuat banyak pengunjung mendatanginya. Di sana ada yang berburu foto (hunting), sehingga foto yang dihasilkan eksotis dan indah, sehingga banyak yang menyukai hasil fotonya. Selain itu ada juga yang suka berenang atau hanya sekadar bersantai di tepi air terjun.

Air Terjun Kalipancur

Air terjun bernama Kalipancur yang terletak di desa Gejayan ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dan juga dikenal sebagai air terjun tertinggi di kota Semarang.

Terletak di pegunungan Telomoyo yang menghadap ke Rawa Pening, air terjun satu ini menyuguhkan panorama yang indah dan eksotis dengan pemdangan tebing andesit yang ada di belakangnya.

Baca Juga: Menjelang Imlek, Berikut Fakta Unik dari Pecinan Lasem yang Terletak di Rembang Jawa Tengah 

Uniknya, di tempat ini juga terdapat goa kecil yang dijadikan tempat berlindung bagi burung walet, sehingga membuat pesona air terjun Kalipancur semakin menarik untuk dijelajahi.

Selain keindahan alamnya, tempat ini juga menawarkan spot-spot bagus bagi yang ingin menyalurkan hobi panjat tebing dan ditampingi oleh ahlinya.

Tempat wisata ini buka pada pukul 08.00 dan tutup pukul 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya juga tidak terlalu mahal, hanya Rp 3.000 per orang.

Air Terjun Kalipancur berada di Gn. Pati, Ds. Gejayan, Kec. Nogosaren, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Air Terjun Tujuh Bidadari

Tempat ini terdiri dari tiga tingkatan dan tiga kolam yang ada di bawahnya. Air terjun cantik ini masih berada di Kabupaten Semarang, tepatnya berada di Dusun Keseneng, Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono.

Air terjun dengan tinggi sekitar 10 meter ini dikenal dengan nama Air Terjun Tujuh Bidadari. Air terjun ini menyandang nama tersebut karena konon ada bidadari yang mandi di sini.

Suasana alam di sekitar Air Terjun Tujuh Bidadari Semarang memang sangat asri, apalagi air terjun ini sebenarnya berdekatan dengan tempat wisata lain di Semarang yang tak kalah indahnya, yaitu Tempat Wisata Bandungan.

Terdapat pepohonan yang rindang dan pemandangan terasering persawahan menjadi daya tarik utama di Air Terjun Tujuh Bidadari ini. Airnya yang jernih dan segar mengalir dari sela-sela bebatuan tempat pertemuan Kali Banteng dan Kali Bering.

Untuk sampai ke tempat ini, wisatawan harus berkendara dan menempuh waktu selama dua puluh menit. Jika memulai perjalanan dari kota Ambarawa, sebaiknya langsung mengarahkan kendaraan menuju Bandungan hingga sampai di Dusun Keseneng.

Air Terjun Tujuh Bidadari ini buka dari jam 08.00 sampai 17.00 WIB. Untuk harga tiket wisatawan juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, hanya Rp.5.000 saja per orang.

Air terjun ini berlokasi di Ds.Tlawah, Keseneng, Kec.Sumowono, Semarang.