Ini Dia 2 Wisata Air Terjun yang Ngehits di Baturaden Purwokerto

Purwokerto ternyata memiliki wisata alam yang tersembunyi seperti air terjun
Provinsi Jawa Tengah terkenal dengan berbagai pilihan wisatanya, mulai dari wisata budaya, sejarah, hingga wisata alam.

Curug Telu, Foto: Instagram @ode_sedananata

PURWOKERTO – Daerah yang menarik perhatian wisatawan karena wisatanya yang kaya adalah Semarang, Solo dan Magelang.

Namun sangat disayangkan, potensi wisata daerah Banyumas khususnya wisata Baturaden Purwokerto masih belum dilirik banyak orang. Padahal, banyak tempat wisata di Baturaden dengan tempat-tempat indah yang bisa dijadikan tempat berlibur bagi keluarga.

Purwokerto memiliki banyak air terjun yang tersembunyi dan layak untuk dikunjungi. Destinasi wisata yang selalu dicari dan diburu banyak orang adalah wisata curug atau air terjun.

Semakin tersembunyi tempat wisatanya semakin menarik dan banyak diminati, karena panorama alamnya yang indah karena belum banyak dijamah. Pastinya sangat menyenangkan jika berada disana.

Kealamian ini membuat pengunjung semakin tertarik dan semakin diburu. Tujuannya pun berbeda-beda, ada yang digunakan untuk berfoto atau hunting, sehingga foto yang dihasilkan eksotis dan indah agar membuat banyak orang menyukai hasil fotonya.

Akan tetapi, tidak sedikit juga menjadikannya tempat rileksasi menenangkan pikiran. Ada juga wisatawan yang menikmatinya dengan cara berenang.

Curug Telu

Seperti namanya, Curug Telu, telu dalam bahasa Jawa berarti tiga. Wisata ini diberi nama Curug Telu karena memiliki 3 air terjun dalam satu tempat.

Walau ketiganya tidak memiliki ukuran yang sama besarnya, namun air terjun ini tampak mengalir dengan tiga air terjun sekaligus. Air terjun yang berada di Karangsalam, Baturaden, Kabupaten Banyumas ini merupakan bersumber dari air terjun Bidadar yang juga tidak jauh dari sini.

Curug Telu memiliki pemandangan yang sangat indah dan udara yang sejuk khas pegunungan. Air terjun yang ada di kawasan wisata ini pun jernih. Pengunjung wisata Baturaden biasanya menghabiskan waktu di air terjun dengan berenang, bermain air, berfoto untuk mengabadikan momen indahnya. Jalur menuju air terjun yang relatif mudah membuat air terjun ini semakin populer terutama saat liburan.

Desa Wisata Ketenger Baturaden

Saat datang ke Desa Wisata Ketenger Baturaden, disini para wisatawan bisa melihat berbagai hiburan kesenian yang menarik, seperti Siteran, Begalan, Rengkong, Lengger Calung, Ebeg atau Kuda Lumping, Wayang Kulit Banyumasan, dan juga Orkestra Melayu.

Di samping menikmati hiburan kesenian, para wisatawan juga dapat menyusuri situs sejarah yang ada seperti rel lori dan waduk Ketenger yang merupakan peninggalan zaman kolonial.

Jika belum puas dengan kesenian dan sejarah. Memancing atau jalan-jalan menikmati keindahan alam desa juga menjadi pilihan yang menarik dan banyak dilakukan wisatawan.

Karena desa ini tidak hanya terkenal dengan hiburan keseniannya saja, tetapi juga memiliki kekayaan alam berupa air terjun seperti Curug Gede dan Curug Kembar.