Hits, Penasaran Dengan Sejarah Rokok, Ayo Kunjungi Tempat Wisata Terdekat di Surabaya

Wisata dan edukasi di Museum House of Sampoerna di hari libur
Sebuah bangunan megah benuansa Belanda yang saat ini menjadi salah satu objek wisata yang wajib kamu kunjungi di hari libur.


Objek Wisata Sejarah dan Edukasi Museum House Of Sampoerna Surabaya. Foto: Kolase Foto Instagram @aslisuroboyo

SURABAYA – Salah satu dari sekian banyak Museum di Indonesia tepat nya di Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur. Ada sebuah meseum yang bersejarah yang diberi nama Museum House of Sampoerna.

Tempat ini sangat mudah di jangkau hanya berjarak 5 menit dari Tugu Pahlawan, 10 menit dari gerbang tol Tanjung Perak dan 12 menit dari Plaza Tanjungan.

Liburan ke Surabaya rasa nya belum lengkap jika belum mengunjungi museum bersejarah ini yang merupakan museum tembakau dan markas besar dari Pabrik Sampoerna.

Mempunyai gaya arsitektur yang sangat dipengaruhi oleh kolonial Belanda. Dibangun sejak Tahun 1862 dan baru dibuka secara resmi pada Tahun 2003.

Dulunya, Museum House of Sampoerna ini adalah sebuah panti asuhan yang di kelola oleh Belanda.

Pertama memasuki museum ini pasti akan tercium bauh cengkeh karena lantai dua museum tersebut masih digunakan untuk tempat produksi rokok hingga saat ini.

Dilantai pertama museum ini pengunjung bisa melihat koleksi masterpiece yaitu tiruan warung dan mesin Sampoerna.

Selain itu di lantai pertama juga terdapat sepeda tua yang dulunya digunakan oleh pendiri Sampoerna untuk pergi berjualan rokok.

Kemudian pada lantai kedua museum ini pengunjung bisa melihat secara jelas bagaimana proses produksi rokok Dji Sam Soe. Bisa dilihat dari jendela kaca yang ada pada tempat tersebut.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati makanan dan kopi dari berbagai daerah yang ada di Indonesia tepatnya di Cafe Tanamera House of Sampoerna.

Berbagai souvenir dan oleh-oleh juga ada di Museum House of Sampoerna jadi tidak perlu khawatir jika ada kerabat yang ingin kamu hadiahkan sesuatu sepulang dari liburan.

Pengunjung bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Surabaya. Serta ada berbagai kain batik nusantara pada lantai dua museum tersebut.

Hal paling penting untuk pengunjung adalah berfoto, banyak spot foto menarik di Museum House of Sampoerna yang akan kamu temui. Tidak perlu khawatir, biaya masuk ke museum ini gratis tidak ada biaya apapun.