Ustadz Dr Muhammad Yahya Waloni Akan Ceramah di Abdya, Berikut Jadwal Dan Profilnya

Padatnya jadwal Ustad Waloni, Toke Din andalkan koneksi kuat untuk bisa mendatangkannya
Penceramah kondang Ustadz Dr Muhammad Yahya Waloni akan berceramah di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Minggu ini, Muhammad Yahya Waloni di khabarkan mengisi ceramah Maulid bersama masyarakat Alue Sungai Pinang Raya atau Alue Raya pada hari Minggu tanggal 25 Desember 2022 malam.

Anggota DPRK Abdya, Syarifuddin UB. Foto: IST.

BLANG PIDIE - Ketua panitia maulid Nabi Muhammad SAW Syarifuddin UB menyatakan, maulid yang digagas oleh empat Desa dalam Kecamatan Jeumpa tersebut, di wacanakan di Lapangan Bola kaki Perkasa, Desa Alue Sungai Pinang, maulid ini merupakan kerjasama antar Desa, diantaranya Desa Alue Sungai Pinang, Alue Seulaseh, Jeumpa Barat dan Desa Kuta Jeumpa.

Syarifuddin UB menyebut pihaknya telah memulai rencana maulid bersama ini sejak sebulan lalu, sehingga untuk mendatangkan pendakwah kondang sekelas Muhammad Yahya Waloni mereka sudah bekerja jauh hari dan membutuhkan waktu lama.

Syarifuddin UB merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya, kepada awak media ia berharap seluruh masyarakat 4 Desa mampu bekerja sama mensukseskan maulid Nabi yang mereka gagas itu, menurutnya mendatangkan Yahya Waloni tidaklah mudah, ia harus membangun koneksi kuat untuk mendapatkan jadwal Yahya Waloni.

"Untuk memeriahkan acara ini kita sudah memulai sejak satu bulan lalu, yang lebih penting itu suksesnya acara dan tertibnya pelaksanaan, bukan hanya siapa penceramah," ucap Syarifuddin, Kamis 22 Desember 2022.

Sejauh ini undangan telah di berikan kepada sebagian tokoh masyarakat dalam Kabupaten Abdya, Kecamatan hingga perangkat Desa, selain itu tokoh serta elemen penting Abdya juga di undang sebut Syarifuddin UB sapaan akrab Toke Din.

"Kita berharap seluruh tamu undangan bisa hadir menyaksikan ceramah Ustadz Yahya Waloni, kami sudah berupaya mengundang seluruh tokoh TPA dan Pesantren serta para Abu Dayah di Abdya, semoga acara berjalan sukses jauh dari kendala apapun," harapnya.

Ustadz Dr Muhammad Yahya Waloni lahir 30 November 1970 dengan nama Yahya Yopie Waloni, sebagai penganut Kristiani di Manado Provinsi Sulawesi Utara, merupakan seorang pendakwah Islam Indonesia.

Yahya Yopie Waloni merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara, ayahnya adalah seorang pensiunan tentara yang pernah duduk sebagai anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten di Sulut.

Yahya adalah mantan pendeta umat kristiani dan pernah menjadi dosen di perguruan tinggi Katolik, Ustadz Waloni mengucapkan syahadat pertama sekali pada pada tahun 2006 pukul 12.00 WITA melalui bimbingan Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Tolitoli bersama ustadz Komarudin Sofa.

Yahya memiliki seorang istri bernama Lusiana yang berganti nama menjadi Mutmainnah. Ia memiliki tiga orang anak bernama Silvana (Nur Hidayah), Sarah (Siti Sarah), dan Zakaria.

Menjadi hal menarik dari sosok Ustadz kondang Yahya Waloni, mualaf asal Manado ini sempat di penjara selama 5 bulan, Yahya masuk jeriji besi dengan tuntutan kasus penistaan agama kemudian ia dibebaskan pada tanggal 31 Januari 2022 lalu.