Sejarah Singkat Perjalanan Karir Lionel Messi, Pemain Terbaik Piala Dunia 2022

Jelang pensiun, Messi menorehkan banyak prestasi di dunia sepak bola
Lionel Messi berhasil mempersembahkan trofi Piala Dunia 2022 Qatar untuk negaranya, yakni Argentina setelah mengalahkan Timnas Prancis, dini hari tadi.

Ilustrasi bayi. Foto: Twitter/FIFA

DOHA - Berikut ini sekilas sejarah perjalanan Lionel Messi hingga puncak karirnya di dunia kulit bundar.

Seperti diketahui, Messi adalah seorang pemain sepak bola profesional Argentina yang saat ini bermain untuk klub Barcelona di La Liga Spanyol dan tim nasional Argentina.

Ia lahir pada tanggal 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina. Messi memulai kariernya di klub sepak bola lokal Newell's Old Boys sebelum bergabung dengan Barcelona pada tahun 2001.

Ia mulai bermain untuk tim utama Barcelona pada tahun 2004 dan sejak itu telah menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.

Messi telah memenangkan banyak trofi di kariernya, termasuk enam Piala Dunia FIFA untuk Pemain Terbaik Dunia, tujuh Ballon d'Or, dan top skor La Liga sepanjang masa dengan membukukan 474 gol.

Ia juga telah membantu Barcelona menjuarai La Liga 10 kali dan memenangkan Liga Champions UEFA empat kali. 

Di tim nasional Argentina, Messi telah bermain dalam enam Piala Dunia FIFA dan telah menjadi top skor timnas Argentina di dua Piala Dunia. 

Ia juga membantu timnas Argentina meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992. Selain keberhasilannya di lapangan, 

Messi juga dikenal sebagai salah satu atlet terbaik dalam sejarah sepak bola dan telah menerima banyak penghargaan dan pujian atas kinerjanya di lapangan.