Ini Solusi Set Top Box Hilang Sinyal, Simak Ulasannya

Pastikan memiliki antena outdoor dan indoor
Bingun ketika Set Top Box (STB) hilang sinyal, ada tips menemukan solusi dari gangguan tersebut, sehingga siaran TV analog dapat kembali menikmati siaran televisinya.

Ilustrasi Set Top Box (STB). Foto: Freepik.

Bisa jadi STB tidak ada sinyal, padahal antena nya sudah dipasang. Masalah ini bisa terjadi pada STB Matrix, Welhome, Luby, Evercoss dan merk STB lainnya.

Perlu diketahui setiap pemasanagan STB TV digital yang pasti sudah ada antena outdoor dan indoor untuk menjangkau sinyal. Tetapi ada juga gangguan sehingga tidak bisa menyaksikan siaran televisi.

Berikut solusi mengatasi masalah set top box tak ada sinyal.

Pertama, pastikan di daerahnya ada sinyal TV digital. Memang ini mungkin syarat utama sudah terjangkau sinyal TV digital, baru bisa menikmati siaran TV digital. Mengingat sinyal TV digital yang masih belum rampung dengan sepenuhnya, maka gangguan sinyal masih ada dibeberapa daerah yang belum terjangkau sinyal.

Selanjutnya bagaimana untuk memastikan daerah tersebut sudah terjankau sinyal TV digital, hal ini perlu dicek dengan menggunakan aplikasi sinyal TV digital, download melalui Playstore.

Sehingga nantinya bisa mengetahui jarak pemancar sinyal, apakah sinyal TV digital sudah tercover atau belum dan dengan adanya penemuan itu bisa menjadi pertimbangan sebelum beralih ke STB.

Kemudian bagi siapa yang menjadi kendala sinyal TV digital, dipasang Antena Outdoor agar STB bisa menangkap sinyal TV digital secara maksimal, terutama pada STB dengan label DVB-T2. Sebenarnya bisa saja menggunakan antena indoor, tetapi pastikan lokasi dekat dengan pemancar sinyal.

Antena indoor hanya dibuat untuk lokasi yang memang dekat dengan pemancar sinyal sehingga tetap bisa menangkap siaran TV meskipun antena diletakan dalam ruangan.

Selanjutnya periksa Kabel HDMI atau RCA ada beberapa kasus dimana STB bisa menangkap sinyal TV digital ketika menggunakan kabel RCA, namun setelah diganti dengan kabel HDMI, STB tidak ada sinyal, begitupun sebaliknya.

Pastikan kabel HDMI atau RCA terhubung dengan benar ke port yang ada di STB dan TV. Kemungkinan ada kotoran yang mengganjal didalam port HDMI atau RCA. Jadi cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Setelah itu tekan tombol "Source" diremot TV dan pilih opsi HDMI apabila mau menghubungkan STB ke TV menggunakan kabel HDMI. Jika berhasil terhubung maka akan muncul tampilan awal STB dilayar TV. Cara ini bisa dicoba jika STB tidak terdeteksi di TV.

Lalu, periksa Kondisi Antena yang digunakan, baik itu kabelnya maupun jack antena yang mungkin berkarat. Antena luar yang sudah lama digunakan tentunya kualitas akan menurun dan akan ada banyak korosi.

Selain itu lembab dibagian dalam kabel antena luar juga bisa jadi sinyal bermasalah, sehingga penangkapan sinyal TV digital tidak stabil bahkan lemah yang menyebabkan STB susah menangkap siaran TV digital dan muncul peringatan tidak ada sinyal, no signal.

Dan nyalakan ulang STB, bisa dicoba untuk mengatasi masalah STB tidak ada sinyal. Bisa jadi masalah ini disebabkan karena adanya malfungsi pada software STB, sehingga bisa restart terlebih dahulu sebelum mencoba metode lain.

Setelah itu Update Software STB. Mungkin ini salah satu penyebabnya STB tidak ada sinyal. Pembaruan software pada STB ini sangat penting, karena selain untuk mendapatkan fitur baru, ini juga bisa memperbaiki bug yang ada pada versi software sebelumnya.

Setelah memperbarui software masalah STB nya biasa dapat diatasi. Namun sebelum itu pastikan untuk menghubungkan STB ke Internet atau wifi menggunakan dongle wifi yang cocok untuk STB.

Yang terakir, Reset ulang STB ke pengaturan pabrik tentunya akan mengembalikan semua pengaturan STB seperti awal.

Namun, yang paling berpengaruh dan bisa menjadi penyebab STB tidak ada sinyal yaitu lokasi belum tercover sinyal TV digital atau bisa jadi disebabkan ada masalah pada antena yang digunakan.

Demikian ada beberapa solusi untuk mengatasi jika sinyal Set Top Box (STB) nya tidak ada sinyal, selamat mencoba.