Ini Dia Cara Cek IMEI iPhone Yang Resmi Atau Tidak

iPhone resmi diproduksi akan turut disertai nomor IMEI
Sebelum membeli iPhone keluaran yang lama maupun yang bekas, dimana calon pembeli harus tau bagai mana cara cek iPhone yang resmi.

Ilustrasi cara cek IMEI iPhone. Foto: Freepik.

Namun ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat membeli iPhone resmi atau tidak. Untuk mengetahui apakah iPhone resmi atau tidak, ada caranya yang dapat dilakukan untuk memeriksa produk tersebut. Salah satunya dengan pemeriksaan IMIE.

International Mobile Equipment Identity (IMIE) merupakan 15 digit angka yang berperan penting pada ponsel yang dipasarkan, termasuk iPhone. Angka tersebut sangat dibutuhkan agar mengetahui iPhone tersebut terdaftar atau tidak di bank data pemerintah. Bisa jadi iPhone yang ingin di beli tidak resmi.

Setiap perangkat iPhone yang resmi diproduksi akan turut disertai dengan nomor IMEI. Nomor ini umumnya akan diletakkan pada salah satu bagian bodi perangkat.

Selain itu, mengidentifikasi IMEI Iphone juga bermanfaat ketika terjadi pencurian. Bila iPhone itu bisa diidentifikasi, maka pencuri tidak bisa menggunakan kartu SIM di perangkat karena nomor IMEI ponsel sudah terhubung dengan nomor telepon dari sebuah operator.

Sebaliknya, operator bisa untuk memblokir nomor IMEI ponsel yang dicuri, maka ponsel tersebut tidak bisa digunakan maupun dihubungkan dengan nomor yang ada di ponsel lainnya.

Maka untuk mengecek IMEI sangat penting disaat membeli iPhone, disini ada beberapa cara cek IMEI iPhone.

1. Bisa juga lewat pengaturan dan SIM Card Tray. Melihat IMEI bisa di pengaturan ponsel yakni dengan cara membuka pengaturan atau setting di iPhone. Klik menu Umum atau General kemudian mengenai About. Setelah itu, IMEI juga dilihat dari sisi SIM Card Tray yang ada di ponsel.

2. Melalui situs Kemenperin kunjungi situs Imei.kemenperin.go.id. lalu masukkan nomor IMEI yang tertera di ponsel yang terdiri dari 15 digit Klik search atau cari. Baru terdapat dengan jelas dan akan muncul informasi apakah nomor IMEI ponsel resmi atau tidak.

3. Apple ID, Buka laman https://appleid.apple.com isi email pada Apple ID di perangkat iPhone, Klik Login kemudian ada pilihan, tekan perangkat Device, nomor IMEI iPhone pun akan terlihat.

4. Melalui *#06# Satu cara mudah mengecek nomor IME melalui cara ini, nantinya disuguhkan nomor IMEI sebanyak 15 digit di atas barcode dan SN (Serial Number).

Demikianlah informasi tentang cara melakukan cek IMEI iPhone resmi atau tidak, bisa dilakukan dengan beberpa langkah, semoga bermamfaat.