Ada 10 Cara Mengetahui iPhone HDC dan Asli, Simak Ciri-Cirinya

Apalagi iPhone HDC tidak ada garansi resmi dari Apple
iPhone Hand Copy Draw (HDC) atau palsu, hal ini perlu hati-hati untuk membelinya. Karena banyak sekali iPhone palsu yang hampir 100 persen mirip iPhone asli, sehingga agak sulit untuk membedakan mana yang asli dan palsu.

Ilustrasi iPhone. Foto: Freepik.

Apalagi iPhone HDC tidak ada yang namanya garansi resmi dari Apple, sehingga kesulitan jika ponselnya mengalami masalah.

Dalam hal perbedaan iPhone HDC dan yang asli, simak uraian berikut ini:

1. iPhone HDC biasa dibandrol dengan harga yang sangat murah, karena suku cadang maupun layanan lain yang disematkan didalam ponsel bukan asli dari Apple itu sendiri.

2. Tidak dibekali sistem operasi resmi dari Apple, ketika mau mengakses iPhone HDC. Hal ini karena iPhone HDC tidak ditenagai oleh sistem operasi resmi dari Apple, yaitu iOS.

3. Memiliki Slot Kartu MicsroSD. Perlu diketahui bahwa iPhone dalam berbagai tipe tidak mendukung adanya penyimpanan eksternal. Maka dari itu, tidak akan ditemukan slot kartu MicroSD seperti pada ponsel Android di ponsel iPhone.

Sebaliknya, jika sudah menemukan iPhone dengan slot untuk meletakkan kartu Micro SD, maka sudah bisa dipastikan bahwa iPhone tersebut adalah HDC.

4. IMEI tidak terdaftar
pada iPhone, International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor identitas perangkat, berfungsi untuk melaporkan ponsel yang hilang, mengetahui nomor model iPhone dan negara asal, hingga memeriksa masa garansi dan serial number.

Maka dari itu, bisa memastikan iPhone tersebut HDC atau asli dengan memeriksa nomor IMEI tersebut. Caranya memerksa IMEI di iPhone cukup mudah, yakni dengan membuka menu Settings, General, lalu About.

Ini bisa mengetahui nomor IMEI iPhone yang mau dibeli, hal tersebut telah terdaftar atau belum untuk menghindari mendapatkan iPhone HDC.

Sirie tidak berfungsi dengan baik
sebagaimana yang telah diketahui, sirie merupakan salah satu fitur unggulan iPhone yang bertugas menjadi asisten suara.

Maka jika tidak menemukan sirie pada iPhone yang hendak mau dibeli saat ini, patut dicurigai bahwa ponsel tersebut adalah iPhone HDC. Untuk lebih aman memiliki iPhone asli ada baiknya membelinya di gerai resmi atau website iBox.

5. Screenshot melalui tombol tertentu pada iPhone, Di iPhone asli untuk mengambil screenshot hanya perlu menekan tombol ‘Home’ dan ‘Lock’ secara bersamaan. Tentu saja iPhone yang palsu tidak bisa mengambil screenshot dengan cara yang sama. Melalui cara ini, bisa mengenali iPhone asli atau palsu dengan mudah.

6. Material iPhone berbeda dari yang lain, karena iPhone dipasarkan untuk kalangan menengah ke atas, maka dapat dipastikan bahwa smartphone besutan Apple ini menggunakan material premium yang tidak sama dengan smartphone lain. Selain iPhone 5c, hampir semua perangkat iPhone mengusung material logam dan kaca berkualitas tinggi.

Jenis material tersebut akan sangat terasa kuat dan kokoh. Sedangkan iPhone palsu mungkin menggunakan material yang lebih ringkih. Mudah sekali melihat perbedaan yang asli dan palsu.

7. iPhone asli memiliki App Store, untuk menguji keaslian iPhone, terlebih dahulu harus membuka App Store melalui iPhone tersebut. Apabila bisa menemukan dan membuka App Store, maka dapat dipastikan bahwa iPhone itu asli. Akan tetapi, bila di iPhonel tidak bisa mengaksesnya, maka harus dicuriga dengan keasliannya.

8. iTunes hanya mampu mendeteksi iPhone asli, salah satu cara cek iPhone asli atau palsu, dengan menghubungkan ponsel tersebut ke komputer yang sudah terpasang iTunes. Seperti diketahui, iTunes merupakan aplikasi wajib untuk memasukan lagu, video, dan file lainnya ke dalam iPhone.

Jika iTunes bisa mendeteksi ponsel yang dihubungkan, maka dapat dipastikan bahwa ponsel itu adalah iPhone asli. Dan begitu juga sebaliknya, maka perlu dicurigakan bahwa itu iPhone palsu.

9. iPhone Asli juga menggunakan Retina Display, tampilan sangat jernih dan halus. Retina display yaitu, bagian dari produk-produk Apple. Tentu saja vendor lain tidak bisa menggunakan teknologi ini. Retina display merupakan teknologi pada tampilan layar iPhone. Teknologi ini mulai dikenalkan pada iPhone 4. Sejak saat itu, semua serie iPhone mengusung layar retina ini.

Matriks kecil pada layar akan terlihat dalam jarak dekat atau menggunakan alat bantuan, seperti kaca pembesar. Retina display membuat layar iPhone memiliki resolusi yang tinggi. Sementara, iPhone KW atau palsu pada umumnya mengusung layar dengan resolusi rendah. Jadi, matriks piksel terlihat secara lebih jelas.

10. Menurut Indian Express, iPhone HDC tampilan fisiknya lebih tipis bila dibandingkan dengan iPhone asli. Dan iPhone yang asli, luaran fisiknya terbuat dari logam serta kaca memiliki sentuhan akhir matte. Posisi tombol beserta logo pada iPhone HDC berbeda dengan iPhone yang asli.