Apa Itu True Tone Pada iPhone? Simak Penjelasannya

True Tone bisa menyesuaikan pencahayaan pada iPhone
Bagi para penggemar iPhone mungkin sudah tidak merasa aneh dengan fitur True Tone yang di sematkan pada iPhone. Fitur tersebut pertama kali di pamerkan oleh Apple yaitu pada tahun 2017 hingga saat ini.

tampilan pengaturan iPhone saat mengaktifkan atau mematikan fitur True Tone pada iPhone. Foto: support.apple.com.

TIMES.ID- Fitur True Tone merupakan fitur andalan Apple yang di sematkan pada iPhone, layaknya fice id yang membedakan smartphonenya dengan produk lain. True Tone sendiri adalah, fitur yang memberikan pencahayaan pada layar iPhone sesuai nuansa (tone) warna pencahayaan di sekitar.

Perlu dipahami, True Tone bekerja bukan mengubah tema latar belakang atau tema iPhone seperti Drak Mode yang mengubah latar menjadi gelap, melainkan sistem kerjanya yaitu mengubah warna cahaya yang dipancarkan oleh layar.

Jika True Tone diaktifkan, maka layar akan menyesuaikan cahaya yang diberikan seiring pencahayaan yang ada di sekitar pengguna.

Seperti contoh, pengguna berada di daerah yang minim pencahayaan atau gelap, maka True Tone memberikan cahaya pada layar dengan pencahayaan bernuansa tamaram atau lebih hangat, jika True Tone diaktifkan.

Namun jika pengguna berada pada pencahayaan yang terang, maka cahaya yang di tampilkan pada layar iPhone anda lebih dingin atau lebih cold. Perubahan pencahayaan tersebut muncul otomatis seiring cahaya yang ada pada sekitar pengguna.

Setelah mengetahui fungsi tersebut, maka sebagian pengguna iPhone yang belum tau fitur ini, timbul pertanyaan apaka fitur itu penting untuk dinyalakan terus menerus?

Nah, hal tersebut tidak bisa dikatakn tidak penting, dan bahkan juga tidak bisa dibilang sangat dibutuhkan, tapi fitur True Tone akan berdampak sangat baik jika kita sedang membaca artikel dalam ruangan yang kurang pencahayaan.

Pengguna iPhone akan merasa lebih nyaman dalam mengoperasikan smartphonenya yang bernuansa tamaram, sehingga juga bisa membuat mata tidak cepat lelah.

Dilansir dari laman resmi iPhone. Fitur True Tone beroperasi dengan sensor Ambient Light atau sensor kecerahan cahaya. Pihak Apple memberikan fitur True Tone hanya pada iPhone 8 hingga seterusnya.

Selanjutnya, untuk mengaktifkan True Tone ini sangat mudah, pengguna cukup dengan mengusap layar dari sisi atas kanan ke bawah untuk menampilkan peraturan pintas, lalu klik pada peraturan pencahayaan layar, kemudian pilih opsi True Tone.

Setelah dinyalakan, iPhone anda otomatis akan bekerja sesuai yang telah dijelaskan di atas. Disilain, biasanya pada saat mode daya rendah aktif, sistem operasi otomatis akan mematikan beberapa fitur yang bisa menguras baterai lebih cepat.

Namun hal tersebut tidak berlaku pada fitur True Tone ini, True Tone akan terus beroperasi sesuai tugasnya meskipun mode daya rendah diaktifkan. Maka, True Tone diasumsikan tidak menguras baterai iPhone anda terlalu banyak.

Jadi, seluruh pengguna Iphone bisa menyalakan fitur True Tone terus menerus sepanjang hari, tanpa harus khawatir bisa mengurangi baterai lebih tinggi. Namun, fitur ini bukan menjadi kewajiban pengguna untuk terus di aktifkan, tergantung kebutuhan pengguna yang bisa disesuaikan dengan pencahayaan sekitar.

Sebagian kalangan menganggap penggunaan fitur ini sangat memudahkan mereka dalam menjelajah iPhone, dan beberapa kalangan juga tidak membutuhkan fitur True Tone dan bisa dinonaktirkan pada pengaturan iPhone.

Itulah penjelasan mengenai penggunaan fitur True Tone pada iPhone, yang mungkin dapat anda aktifkan pada iPhone anda atau orang terdekat anda.