Tak Hanya Indonesia, Negara Ini juga Rayakan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus

Negara Gabon merayakan Hari Kemerdekaan yang sama dengan Indonesia
Hari Ulang tahun kemerdekaan Indonesia merupakan hari yang paling bersejarah. Tidak hanya Indonesia yang merayakan kemerdekaan hari ini, ada satu negara Afrika bagian tengah yang merayakan kemerdekaan tepat tanggal 17 Agustus.

Iilustrasi wilayah Gabon. Foto: instagram @Gabon_paysages.

JAKARTA- Negara yang merayakan kemerdekan 17 Agustus yaitu Negara Gabon, hari ini, negara tersebut juga memeriahkan kemerdekaan dengan berbagai acara seperti, piado kenegaraan, festival, tarian tradisional, hingga pertinjukan musik.

Menurut Goge Africa Worldwide, Negara Gabon menetapkan taanggal 17 Agustus menjadi hati libur Nasional.

Meski merayakan Hari Kemerdekaan yang sama, Gabon memilki sedikit perbedaan dengan Indonesia yaitu, merayakan kemerdekaan selama dua hari, perayaan dimulai sejak tanggal 16-17 Agustus.

Diketahui, Gabon merayan kemedekaan ini menunjukkan simbol kebebasan dari penduduk Prancis pada tahun 1960.

Negara Republik Gabon pertama kali dijajah oleh pedagang dari Portugis Diego Cam pada tahun 1470.

Dua tahun setelah itu, penjajah Portugis menemukan muara Sungai Komo yang kini diyakini menjadi asal usul nama Negara Gabon.

Awalnya Orang-orang Portugis menamakan sungai tersebut dengan nama Rio de Gabao yang memilki arti mantel berlengan dan tudung kepala dalam bahasa portugis. Penamaan itu disebut mirip dengan bentuk muara sungai Komo.

Setalelah Perang Dunia ke II, Pada tahun 1888 seluruh tanah Gabon menjadi wilayah Prancis dan menjadi republik otonom dalam Uni Prancis.

Sekialn lama di duduki Prancis, akhirnya tahun 1960 Prancis resmi menyerahkan kedaulatan penuh pada Gabon, tepatnya 17 Agustus 1960.

Sejak kemerdekaan dari Prancis, presiden pertama Negara Gabon yaitu Leon Mba pada tahun 1961. Leon Mba memimpin hingga 1967, kemudian digantikan oleh Albert-Bernard Bongo.