Sukses Vaksinasi PMK, Pj Gubernur Aceh Diganjar Penghargaan dari Mentan SYL

Capaian vaksinasi PMK ini adalah hasil kolaborasi dengan banyak pihak
Sebulan menjabat, Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki diganjar penghargaan dari Kementerian Pertanian. Sebabnya, Aceh dinilai berhasil mencapai tingkat vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dengan kategori terbaik.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Aceh serta sejumlah Kepala Daerah lainnya pada acara Tasyakuran dan Penyerahan Penghargaan Pertanian, Minggu 14 Agustus 2022. Foto: IST.

JAKARTA - Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), kepada Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah yang hadir mewakili Pj Gubernur Aceh, di Lapangan upacara Kementerian Pertanian, Jakarta, Minggu, 14 Agustus 2022 sore.

Selain Sekda Aceh, hadir pula Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran. Menurut Zalsufran, capaian vasksinasi ini adalah hasil kolaborasi semua pihak di Aceh.

"Ini adalah kerja bersama semua pihak pemerintah aceh, pemerintah kabupaten kota, TNI POLRI, organisasi profesi dan perguruan tinggi serta masyarakat Aceh," kata Zalsufran ketika dikonfirmasi, Minggu, 14 Agustus 2022.

Selain Aceh, Provinsi Jawa Timur dan Kalimantan Barat juga mendapat penghargaan serupa dari Kementan. Ketiga provinsi ini dinilai sukses mengawal pelaksanaan vaksinasi PMK.

Penghargaan ini diberikan kepada Gubernur Aceh serta sejumlah Kepala Daerah lainnya pada acara Tasyakuran dan Penyerahan Penghargaan Pertanian.

Hingga Sabtu, 13 Agustus 2022 pukul 12.00 WIB, Satuan Tugas (Satgas) PMK melaporkan sebanyak 1.411.467 sapi telah disuntik vaksin. Satgas juga melaporkan bahwa 315.435 hewan ternak telah sembuh dari PMK. Dengan rincian 300.307 sapi, 11.545 kerbau, 1.185 domba, 2.366 kambing dan 32 babi.