Saling Redam Ego, Rahasia Langgeng Chrisye-Adrie Subono

kunci keharmonisan Adrie dan Chrisye Subono
Keharmonisan Chrisye dan Adrie Subono yang berhasil melewati 35 tahun pernikahan patut menjadi contoh dalam membina rumah tangga. Apa rahasia mereka mempertahankan pernikahan tersebut?

Foto : Adrie Subono beserta keluarga/Instagram@AdrieSubono

TIMES.ID - Mengarungi bahtera rumah tangga selama puluhan tahun membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Perselisihan pendapat dan juga konflik pun menjadi kerikil yang mewarnai perjalanannya. Chrisye dan Adrie Subono pun tak luput dari permasalahan tersebut.

Apalagi, pernikahan mereka bukanlah seumur jagung melainkan sudah berusia puluhan tahun. Meski demikian, mereka selalu tampak harmonis tanpa terserang masalah sedikitpun. Lantas apa yang membuat mereka terlihat adem ayem dalam menjalani rumah tangganya tersebut?

"Saling mengalah dan meredam ego masing-masing itulah kuncinya. Selain itu kita berdua juga harus dengan rela dalam meredam ego tersebut," tutur Chrisye Subono.

Menurutnya, dalam sebuah rumah tangga itu ibaratkan penambahan bilangan. Bahwa 1+1=2 namun pada kenyataannya tidak selalu bulat menjadi dua. Karenanya, salah satu dari mereka pun harus ada yang mengalah ketika perselisihan menyerang.

"Saya itu anak bungsu, dulu waktu awal-awal saya nggak mau ngalah. Tapi kesini-sini kalau nggak ada yang ngalah ya capek. Jadi semua itu melalui proses yang panjang," sambungnya.

Meski mengaku sulit mengalah namun ketika membangun rumah tangga bersama Adrie, mantan model tersebut pun terbiasa untuk mengerti karakter suaminya yang juga keras. Saling kompromi dan mengerti pun menjadi jembatan untuk menyatukan keduanya.

"Intinya kita berdua tahu gimana harus mengalah satu sama lain. Mas Adrie itu nggak beda sama sewaktu pacaran, jadinya ya sudah biasa sayanya juga," kenangnya.

Chrisye mengakui banyak sekali rintangan dalam mengarungi bahtera rumah tangga dengan Adrie, mulai dari yang mendasar adalah perbedaan keyakinan sampai lingkungan pekerjaan mereka berdua.

"Mas Adrie sering dikelilingi wanita, saya dikelilingi para lelaki, kami berdua pun sempat "tersandung", tapi kembali lagi pada ajaran agama saya, apa yang sudah dipersatukan Tuhan tidak boleh dipisahkan oleh manusia, jadi ya hanya maut yang bisa memisahkan kami"tutur Chrisye.