Profil Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak Menantu Luhut Pandjaitan

Letnan Maruli Simanjuntak adalah Pangkostrad yang di tunjuk Panglima TNI
LetnanJenderal (Letjen) Maruli Perkasa merupakan Panglima Komando Cadangan Strategs Angkatan Darat (Pangkostrad) sejak Januari 2022 lalu. 

Pangkostrad Lenjen Maruli Simanjuntak. Foto:tangkap layar situs kostrad.mil.id.

JAKARTA- Letjen Maruli Simanjuntak lahir pada 27 Februari 1970, Banduung, Jawa Barat. Maruli diketahui alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 yang memiliki keahliann di bidang Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra.

Setelah menyelesikan pendidikan Akmil, pada tahun 2002, Maruli dipercaya untuk menjabat posisi penting sebagai Komandan Detasemen Tempur (Denpur) Cakra.

Selanjunya, Maruli kembali dipercya untuk menjadi pejabat Perwira Bantuan Madya Operasi (Pabandya Ops) pada Tahun 2005 hingga 2008.

Tidak lama setalah menjabat sebagai Denpur, menantu Luhut Pandjaitan diangkat menjadi Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2 Kopasus tahhun 2008-2009.

Dikarnakan kinerja yang baik, Maruli mendapat promosi jabatan pada tahun 2010 untuk menjadi Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdik Passus).

Sebelum menjabbat di pasukan Paspampres, pada tahun 2014 Maruli juga pernah diprcaya menjadi Wakil Komandan Grup 1 Kopasus dan setelahhnya menjadi Komandan Grup 2 kopasus hingga 2014.

Karir yang dimiliki Maruli terasa tidak ada rintangan atau masalah yang berarti, bahkan pada tahun 2014 Maruri di percaya menjabat Komandan Grup A pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) hingga tahun 2016.

Setelah menjadi Komandaan Grup A Paspampres, Maruli menjabat Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro pada 2018 serta Komandan Paspampres pada 2018-2020. Sebelumnya ia sempat menjadi Wakil Komandan Paspampres pada tahun 2017 hingga 2018.

Maruli tidak hanya memilki keahlian dalam menjadi komandan pasukan, ia juga memiliki kemampuan di bidang olah raga.

Prestasi olah raga yang pernah digeluti Meruli yaitu Judo, ia meraih penghargaan mendali emas, perak, perunggu, pada kejuaraan Judo ASEAN Military 1997 di Jakarta dan Judo Panglima Angkatan Bersenjata Cup 1996, Kings Cup 1997 di Thailand.

Saat ini Letjen Maruli menjabat sebagai Pangkostrad yang di tunjuk oleh panglima TNI awal tahun 2022 lalu, dimana saat di tunjuk sebagai Pangkosrad ia masih berpangkat Mayor Jenderal.

Tak lama menjabat di posisi pangkostrad, Maruli menerma kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Mayjen menjadi Letjen pada 18 Februari 2022.