Pemukulan Pengemudi Transjakarta: Kronologi, Hingga Menyerahkan Diri

Perkembangan mengenai insiden pemukulan Transjakarta
Beredar video tentang insiden kekerasan yang viral di media sosial. Video tersebut menunjukkan cekcok antara pengemudi Transjakarta dan pengemudi Honda Mobilio di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Agustus 2022.

Tangkapan layar kasus kekerasan di bus Transjakarta. Foto: instagram/@jakarta.terkini. 

JAKARTA - Terkait insiden tersebut, pihak Transjakarta segera mengambil tindakan hukum supaya kejadian serupa tidak terulang lagi. 

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transjakarta Anang Rizkani Noor memastikan pihaknya akan terus mengawal proses hukumnya.

Hebatnya, sehari setelah kejadian, pelaku pemukulan menyerahkan diri. Berikut perkembangan terakhir dari kasus tersebut:

Menyerahkan Diri

Pelaku pemukulan yaitu pengemudi Honda Mobilio nomor polisi F 1604 RA tersebut yang berinisial KM. Menyerahkan diri ke pihak kepolisian, usai video pemukulan yang dia lakukan viral di media sosial.

"Iya (menyerahkan diri usai viral)," ucap Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Yandri Irsan ke wartawan, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Yandri juga menuturkan, polisi mengamankan mobil yang digunakan dalam insiden pemukulan tersebut. Yandri menambahkan pelaku adalah warga Depok, Jawa Barat.

Pemukulan Karena Emosi

Yandri juga membeberkan motif dari pemukulan oleh KM karena kesal dan salah paham.

"Ya, motifnya emosi dan salah paham," tutur Yandri.

Yandri juga menambahkan, saat ini pelaku masih menjalani pemeriksaan intensif dan belum berstatus sebagai tersangka.

"Masih pemeriksaan tapi prosesnya sudah kita tingkatkan ke penyidikan," imbuhnya.

Kini, polisi tengah mengusut kasus pemukulan tersebut.