Pagelaran Kirab Merah Putih Dihadiri Puluhan Ribu Warga, Kapolri Ajak Junjung Tinggi Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Kirab Merah Putih merupakan agenda tahunan dalam rangka memeriahkan penutupan bulan kemerdekaan
Agenda Kirab Merah Putih sukses digelar di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarat Pusat, pada Minggu, 28 Agustus 2022. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, Habib Luthfi bin Yahya dan beberapa tokoh bangsa lainnya bersama puluhan ribu masyarakat.

Kapolri bersama tokoh bangsa lainnya pada acara Kirab Merah Putih. Foto: Kolase Foto Instagram @divisihumaspolri

JAKARTA - Dalam acara tahunan itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan sambutan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Sigit mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap semangat menjunjung tinggi persatuan menuju visi Indonesia Emas 2045.

"Mari kita jaga semangat persatuan dan kesatuan. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati. oleh sebab itu, semangat ini harus terus kita jaga. Kita antar Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045, merdeka, merdeka, merdeka," ujar Sigit berapi-api.

Lebih lanjut, Kapolri juga menyampaikan tentang semangat persatuan para pendiri dan pejuang bangsa saat merebut kemerdekaan tempo dulu. Menurut Sigit, para pemuda dan tokoh bangsa saat itu sempat terpecah belah disebabkan adanya politik divide et impera atau politik pecah belah.

Namun, Sigit mengungkapkan dengan adanya rasa semangat dan kemauan bersama, akhirnya Indonesia pada saat itu berhasil merebut dan mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

"Alhamdulillah dengan persatuan dan kesatuan yang bersama-sama kita lakukan pada saat itu dari seluruh pelosok negeri. Maka pada tanggal 17 Agustus 1945 dipimpin Bung Karno dan Bung Hatta kita menyatakan proklamasi kemerdekaan. Tentunya semangat itulah yang harus kita jaga bersama," tegas Sigit.

Seperti diketahui, Karnaval Budaya Nusantara dan Kirab Merah Putih hari ini digelar di Jalan Thamrin hingga Bundaran HI, Jakarta Pusat. Acara ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan penutupan bulan kemerdekaan Republik Indonesia.

Puluhan ribu masyarakat Jakarta terlihat antusias mengikuti acara Kirab Merah Putih sambil menikmati hiburan musik yang disuguhkan oleh panitia acara.

Pada acara tersebut, Bendera Merah Putih sepanjang 1.700 meter dibentangkan mulai dari kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga Bundaran HI. Peserta acara terlihat bersorak sorai menyambut Kirab Merah Putih itu. Warga pun langsung mengabadikannya dengan memotret dan merekam video menggunakan ponsel masing-masing.