Kapolri Bongkar Sosok Fahmi Alamsyah, Akui Tak Pernah Ketemu Hingga Disebut Sahabat Dekat Ferdy Sambo

Fahmi Alamsyah diangkat sebagai Penasehat Ahli oleh Kapolri sebelumnya
Mantan Penasehat Ahli Kapolri Bidang Konunikasi Publik, Fahmi Alamsyah ikut terseret dalam pusaran kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Fahmi Alamsyah. Foto: Kolase Foto Twitter @fahmisonic

JAKARTA - Fahmi diduga ikut terlibat dalam penyusunan skenario awal dalam kasus yang telah menggegerkan publik itu. Bahkan Fahmi Alamsyah sudah mengajukan pengunduran dirinya sebagai Penasehat Kapolri beberapa waktu yang lalu.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilakukan Komisi III DPR RI bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Rabu, 24 Agustus 2022 kemarin, nama Fahmi ikut disinggung dan dipertanyakan oleh wakil rakyat.

Pertanyaan itu dilontarkan oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan. Ia menanyakan perihal dugaan keterlibatan Fahmi dalam menyusun skenario kasus tersebut.

"Pertanyaan menggelitik Pak Kapolri, siapa figur Fahmi? Apa betul dia Penasehat Kapolri? Apa dia ikut menskenario kan pak? Nanti Pak Agus dan Irwasum tolong ditanyakan," kata Arteria.

Mendapat pertanyaan terkait staf ahlinya, Kapolri Sigit membenarkan bahwa Fahmi Alamsyah pernah menjadi staf Kapolri Bidang Komunikasi Publik. Namun, Sigit menyebut Fahmi diangkat oleh Kapolri sebelumnya.

Bahkan, Sigit mengaku kalau dirinya tidak pernah bertemu ataupun menjalin interaksi dengan Fahmi.

"Namun, dalam kesehariannya saya tidak pernah bertemu dengan yang bersangkutan," ujar Sigit dalam RDP itu.

Lebih lanjut, Sigit mengatakan kalau Fahmi memang tidak dekat dengan dirinya, melainkan dia lebih dekat dengan mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

"Karena memang yang bersangkutan sehari-harinya lebih banyak bersama Ferdy Sambo," ungkap Sigit.

Meski demikian, Kapolri menegaskan kalau ia akan mendalami keterlibatan Fahmi Alamsyah dalam kaitannya dengan penyusunan skenario rekayasa kasus kematian Brigadir J.

Sigit mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk menyelidiki keterlibatan Fahmi dengan Ferdy Sambo yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka utama dalam kasua tewasnya Brigadir J.

"Kami akan proses pak kalau memang kami temukan. Jadi ini supaya juga menjadi clear," tutur Sigit.

Untuk diketahui, Fahmi Alamsyah mulai menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Komunikasi Publik pada tahun 2020. Saat itu, Fahmi merupakan penasehat Kapolri Jenderal Idham Azis, dan terus bertugas hingga jabatan Kapolri beralih ke Listyo Sigit Prabowo.

Fahmi diangkat sebagai Penasehat Kapolri bersama dengan 16 orang lainnya, berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor KEP/117/I/2020 yang ditandatangani 21 Januari 2020.