Isu Reshuffle Kembali Menggelinding, Kali Ini Istana Ikut Manas-manasin

Mengingat masih ada kursi Menteri yang masih kosong, kemungkinan ada perombakan Kabinet lagi.
Isu Reshuffle atau perombakan kabinet kembali berputar. Kabar ini memiliki celah lantaran ada kekosongan pada kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Mempan RB) yang ditinggalkan almarhum Tjahjo Kumolo. 
 
Presiden Indonesia Joko Widodo. Foto: instagram @Jokowi.

JAKARTA- Istana turut memanaskan keadaan ini, menurut Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini, perubahan kabinet bisa jadi akan terjadi lagi, mengingat ada kursi Menteri yang masih kosong.

"Semuanya Reshuffle sangat memungkinkan" sebut Faldo kepada media di Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Mengingat masih ada Pos Menteri yang masih kosong, kemungkinan besar perombakan kabinet akan dilakukan dan diisi oleh orang baru.

"Apalagi masih ada pos Menteri yang masih kosong hingga hari ini. Ya, pasti akan diisi. Pasti ada Reshuffle lagi," ucap Faldo.

Diketahui, Politisi PDIP Tjahjo Kumolo wafat pada 21 Juli 2022 karena sakit, sehingga kekosongan pada posisi Menpan RB masih dirangkap oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan keamanan, Mahfud MD.

Bukan hanya kursi Menpan RB, kursi Wakil Menteri Luar Negeri juga kosong yang sebelumnya diisi oleh Mahendra Siregar, ia terpilih sebagai Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Faldo mengatakan, Untuk melakukan perubahan kabinet yang hanya ada dua posisi Menteri ini, Presiden punya hitungan sendiri.

"Presiden tentu sudah punya hitungan-hitungan sendiri," sebut Faldo.

Selain Faldo, ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto juga turut komentar soal perombakan ulang kabinet, Presiden berhak bahkan sah-sah saja melakukan Reshuffee.

Menjelang pemilu 2024, sangat memungkinkan sejumlah Menteri akan ikut dalam pesta rakyat ini, salah satu nya nyapres.

"Apalagi kan nanti di bulan September saya pastikan sudah pasti ada paing tidak kan yang sudah declare kan pak Prabowo. Kan gak mungkin jadi Menhan lagi kan. September 2023," sebut Bambang Wuryanto di Parlemen, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Politisi dari Kualisi Partai pendukung pemerintah lainnya juga searah dengan isu ini. Seperti Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor.

Afriansyah Noor berpendapat, Reshuffle adalah hak Presiden. Kapan dan siapa yang akan di ganti itu hanya Presiden yang tau.

"Apalagi pintu masuknya, dengan pergantian posisi Menpan RB. Selain itu juga beliau butuh lompatan, apalagi tagline kita 77 tahun ini kan, puloh lebih cepat, bangkit lebih kuat," sebut Afriansyah.