Cacar Monyet Menular Melalui Pernapasan, Hindari Beberapa Aktivitas ini

Waspada penularan cacar monyet
Cacar Monyet merupakan virus yang rentan menular dan termasuk virus langka, virus ini termasuk dalam keluarga virus variola. 

Ilustrasi virus. Foto: freepik

Saat ini, cacar monyet telah tersebar ke 75 Negara yang telah mlaporkan mengenai wabah cacar monyet. Melihat kemungkinan akan terjadi bahaya yang meluas pada virus ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan sebagai darurat kesehatan global.

Indonesia termasuk Negara yang rentan terinveksi virus berbahaya seperti cacar monyet ini.

Penyakit cacar monyet diduga telah masuk ke indonesia melalui seseorang yang mengalami gejala virus monyet, tepat nya di Jawa Tengah.

Kasus tersebut sedang ditangani dan dilakukan pemeriksaan di bawah pengawasan Kementrian Kesehatan.

Gejala umum terjangkitnya virus meliputi seperti sakit kepala, sakit punggung, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, maslaah pernapasan, kelelahan.

Penularan virus cacar monyet bisa terjadi melalui kontak langsung seperti, bersentuhan kulit, hal itu penting menghindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Untuk menghindari penularan ini semakin meluas, berikut pemahaman terjadinya oenularan cacar minyer dari manusia ke manusia

1. Hindari Berbagi Pakaian, Pusar Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mekankan agar tidak menyentuh benda, pakaian, kasur, dan handuk orang yang tejangkit virus cacar monyet.

Penyebaran ini diyakinini bisa terus tersebar ke orang lain, penykit ini biasanya tergantung kesehatan tubuh, normalnya terjadi 2-4 minggu.

2. Kontak kulit. Penyebaran cacar monyet bisa terjadi malalui kontak kulit antar manusia, termasuk bersentuuhan langsung dengan keropeng atau cairan tubuh orang yang mengalami cacar monyet.

3. Aktivitas yang meliputi kontak langsung seperti hubungan intim, ciuman, pelukan, menyentuh alah kelamin dapat meningkatkan resiko terjangkit cacar monyet.

4. Pernapasan. Penyebaran utama yang beresiko cepat terjangkit adalah bersentuhan kulit ke kulit, tapi menurut CDC, kontak dengan sekresi pernapasanjuga dapt meningkatkan peluang terjangkitnya virus cacar monyet.
Ruang tertutup.


CDC juga menjelas kan, berada di ruang tertutup seperi di ruang sauna, ruang belakang, klub seks, dan kontak seksual banyak pasangan, memilki kemungkinan lebih tinggi penyebaran virus ini.