BI Luncurkan Pecahan Uang Rupiah Terbaru Emisi 2022

Menteri Keuangan Sri Muliani merilis uang kertas baru sebagai bentuk simbol kedaulatan negara
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meluncurkan tujuh uang pecahan baru edisi 2022 pada Kamis, (18/8/2022).

Ilustrasi uang kertas republik Indonesia. Foto: tangkap layar instagram @bankindonesia.

JAKARTA- Semua uang edisi terbaru itu diluncurkan sebagai akat tukar atau alat pembayaran yang sah seluruh Wilayah Indonesia.

Peluncuran uang edisi terbaru ini bentuk nyata pemerintah dalam menyediakan uang yang berkualitas sebagai simbol kedaulatan negara.

"Peluncuran uang rupiah ini merupakan wujud nyata komitmen kami bersama untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan tepercaya kepada masyarakat sebagai simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa. Kami ajak seluruh komponen masyarakat untuk cinta, bangga, dan paham rupiah. Mari terus kita kobarkan optimisme, semangat kebangsaan, dan komitmen untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia Maju" sebut Gubernur BI Perry Warjiyo Kamis, (18/8/2022).

Didalam uang yang diluncurkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan uang baru terdapat narasi yang menceritakan Indonesia yang memilki banyak ragam dan suku.

"Di dalam setiap lembaran rupiah, terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia, sebuah motif spirit untuk di satu sisi adalah keberagaman, dan di sisi lain adalah kebersamaan," sebut Sri.

Dalam kesempatan ini, ibu Menteri berpesan, rupiah bukan lah sekedar uang yang di sunakan sebagai alat tukar, tetapi juga bentuk perjalanan negara Indonesia.

Pada tahun 1946, Indonesia mensahkan atau memberlakukan Oeang Republik Indonesia (ORI) sebagai bentuk kedaulatan Indonesia yang batu merdeka.

Selanjutnya, Sri mengatakan, rupah merupakan uang satu-satu nya yang di sahkan di indonesia yang pantas kita hormati dan dibanggakan.

"Bersama rupiah, kita bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju," sebut Sri.

Berikut daftar nominal uang yang dilincurkan hari ini

1. Pertama Mohammad Hatta sebagai gambar utama uang kertas pecahan Rp100 ribu Dr. (H.C) Ir Soekarno dan Dr. (H.C) Drs.

2. Kedua, sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp50 ribu Ir. H. Djuanda Kartawidjaja .


3. Ketiga, sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp20 ribu Dr. G.S.S.J Ratulangi .

4.Keempat, Frans Kaisiepo sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp10 ribu.

5. Kelima, sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp5 ribu. Dr. K.H Idham Chalid.

6. Keenam, sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp2 ribuMohammad Hoesni Thamrin.


7. Ketujuh, sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp1.000 Tjut Meutia .