Bangga, Ternyata 5 Pasukan Elit TNI Ini Ditakuti Negara Lain

Pasukan khusus TNI memilki kemampuan mengatasi segala bentuk ancaman pertahanan negara
Tentara Nasional Indonesia (TNI) memilki beberapa matra dan pasukan kusus dalam menangangi berbagai permasalahan pertahanan Negara Indonesia.

Prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopasus) . Foto: instagram @si_bungus_7.

TIMES.ID- Pasukan khusus merupakan prajurit pilihan terbaik dan memiliik keahlian yang berbeda-beda. Tujuan pembentukan pasukan khusus tersebut, agar bisa mengatasi berbagai permasalahan pertahahan indonesia dari segala ancaman.

Prajurit yang terpilih tersebut, akan dilatih dan dibina untuk bisa menguasai berbagai situasi dan berbagai medan ekstrim.

TNI memilki tiga matra yang mumpuni hingga saat ini yaitu, TNI Angkatan Darat (TNI AD), TNI Angkatan Laut (TNI AL), TNI Angkatan Udara (TNI AU). Ketiga matar tersebut memilki fungsi dan keahlian yang berbeda-beda.

Sebagai pasukan pertahanan NKRI, seorang prajurit TNI memilki kemampuan yang luar biasa, baik dalam bertahan hidup, dalam kepemimpinan bahkan kemampuan bertempur. Setiap masing-masing matra memilki pasukan khusu yang dibentuk agar bisa mengatasi beban yang lebih berat dan mampu dihadapkan dengan kondisi tertentu.

Berikut ulasan pasukan khusus TNI yang paling kiat dan ditakuti oleh negara lain.

1. Komando Pasukan Khusus (Kopasus)

Pasukan khusus ini adalah salah satu pasukan khusus yang dimiliki oleh TNI angkatan darat. Pasukan tersebut diakui memilki kemampuan yang luar bisa dalam menindak lanjut permasalah dengan cepa dari segala medan.

Pasukam kopasus dikenal dengan baretnya yang berani dan tegas, berwaran merah. Selain baret, pasukan khusus tersebut juga memilki moto yang henat yaitu, Berani, Benar, dan Berhasil.

Setiap pasukan sudah terlatih dengan sangat terukur, mereka memilki kemampuan menembak, mengintai hingga anti teror. Biasa nya operasi yang dilakukan yaitu, Operasi Penanggulangan, Operasi Sandi Yudha.

2. Pasukan Komando Pasukan Katak (Kopaska)

Pasukan ini dibentuk dari prajurit TNI Aagkatan Laut, awalnya Kopaska terbentuk sesuai arahan presiden Soekarna yang memimpin saat itu, mendukun kampamye pembebsasan Irian Barat pada 31 Maret 1962.

Dari segi tugas, Kopaska mampu mengatasi permasalahn di laut dengan kemampuan memgancurkan kapal, pangkalan, hingga mampu melakukan operasi pendaratan Amfibi.

Kopaska juga dikenal dengan memilki moto yaitu, Tan Hana Wighna Tan Sirna, artinya, tidak ada tintangan yang tidak dapat diatasi.

3. Denjaka (Detasemen Jala Mangkara)

Masih dengan Angkatan Laut, Pasukan khusus ini dibentuk untuk memiliki kemampuan operasi anti sabotase, anti teror, dan operasi lait lainnya.

Denjaka adalah salah satu pasukan yang ditak pernah menyebutkan berapa jumlah pasukannya, dengan itu, Mereka meyakini demgan moto berbunyi, Satya Wira Dharma, siap bertindak dari segala ancaman bahaya.

Mereka dibekali dengan seragam berwarna hitam dan menggunakan baret berwarna ungu yang di sematkan di kepala.

4. Paskhas (korps Pasukan Khas)

Pasukan khusus ini bersal dari TNI angkatan Udara, yang dikenal dengan pasukan baret jingga.

Prajurit ini merupakan pasukan yang memilki kemampuan tiga matra, dengan medan pertempuran, yakni darat, laut, udara. Seorang prajurit Paskhas diharuskan untuk mengikuti kualifikasi Pra Komando atau disingkat (Parako) agar bisa melaksanakan tugas dengan profesional.

5. Tontaipur (Peleton Intai Tempur)

Tontaipur merupakan pasukan khusu yang berasal dari Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), tugas mereka diwajibkan bertanggung jawab untuk menyelesaikan operasi yang tidak menentu.

Selain memilki kemampuan persenjataan, Tontaipur juga diharuskan untuk ahli dalam menguunakan alat khusus seperti kendaraan bawah air, dan alat selam tempur.