Sah! Zulhas Jabat Menteri Perdagangan, Hadi Menteri Agraria

Sesaat sebelum pelantikan, para ketum parpol dijamu Jokowi.
Isu reshuffle kabinet yang menggelinding dalam beberapa hari terakhir, akhirnya terjawab. Dua menteri diganti.

Presiden Jokowi diapit dua menteri yang baru dilantik, yakni Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. Foto: IST

JAKARTA - Dua menteri yang dicopot itu adalah Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil.

Keduanya masing-masing digantikan oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan sebagai Mendag dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN.

Pelantikan digelar di Istana Negara sekitar pukul setengah siang WIB. Sejumlah ketua umum partai politik tampak hadir.

Mulai dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa.

Para ketum ini sempat dijamu oleh presiden Jokowi sesaat sebelum pelantikan di Presidential Lounge.

“Apa kabar? Sehat semua?” sapa Presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pertemuan berlangsung hangat dan dalam suasana penuh keakraban. Presiden Jokowi dan para ketua umum parpol pun berbincang-bincang, diselingi tawa.

“Sekali-kali kita makan di sini,” ucap Presiden.

“Tempatnya bagus, Pak, lebih modern (desainnya),” ujar Airlangga.