Harga Daging Meugang Di Abdya Tembus Rp 220 Ribu/Kg, Termahal Di Indonesia?

Lonjakan harga daging meugang kembali terjadi di Aceh Barat Daya. Pantauan Times.id di pedagang daging kaki lima Kecamatan Lembah Sabil, harga daging kerbau tembus Rp 220 ribu perkilogram.

Ilustrasi.

LEMBAH SABIL - Harga daging kerbau kali ini dijual lebih mahal dari hari meugang sebelumnya, jelang puasa Ramadhan.

Ketika itu, daging kerbau dilepas dengan harga Rp 200 ribu perkilogram. Dari data yang dihimpun Times.id, harga daging di Abdya termasuk yang paling mahal di Aceh.

Sudirman, pedagang daging kaki lima di Desa Meurandeh Kecamatan Lembah Sabil mengatakan mahalnya harga daging tersebut dikarenakan harga mahalnya harga kerbau yang harus ditebusnya.

"Harga daging sekilo Rp 220 ribu," kata Sudirman kepada Times.id.

Selain itu, harga daging ayam juga mengalami kenaikan. Pemilik lapak UD Sinar Mandiri ini menyebutkan bahwa harga ayam negeri atau ayam potong dari Rp 55 ribu perpotong naik menjadi Rp 80 ribu per potong.

"Untuk harga ayam putih Rp 75-80 ribu/ potong sedangkan ayam merah sekitar Rp.50.000/potong," ucapnya.

Jika menengok data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga daging ayam paling murah di Indonesia ada di Gorontalo, Rp 29 ribu perkilogram. Sementara harga daging ayam termahal paling mahal di Sumatera Barat Rp 51.500.

Harga daging sapi termurah dijual di Nusa Tenggara Timur Rp107.900 perkilogram. Termahal di Kepulauan Bangka Belitung Rp 160 ribu perkilogram.

Harga daging sapi memang sedang melonjak jelang lebaran. Perum Bulog menyiapkan alternaitf daging kerbau beku yang dijual Rp80 ribu perkilogram.

Sementara di Abdya, belum diketahui apa kebijakan yang diambil pemerintah daerah untuk mengatur harga jual daging yang wajar dan terjangkau bagi masyarakat.