Tiba Di Titik Nol IKN Nusantara, Jokowi Ditepung Tawari Sultan

Presiden Joko Widodo tiba di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Keduanya disambut oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Mardatipura XXI Sultan Adji Muhammad Arifin.


Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana disambut oleh Sultan Kutai Kertanegara di titik nol Ibu Kota Negara Nusantara, Senin (14/3). FOTO: IST

NUSANTARA - Presiden Jokowi dan rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 9.30 WITA. Ia tampil mengenakan kemeja putih lengan panjang, dipadu celana bahan warna hitam. Serasi dengan pakaian yang dikenakan Ibu Negara Iriana.


Mantan Wali Kota Solo itu datang menunggangi mobil kepresidenan jenis SUV, yakni Toyota Land Cruiser.


Di lokasi tersebut Sultan Kutai Kartanegara sudah menunggu. Ia tampil mengenakan baju adat, lengkap dengat peralatan tepung tawar.


Ia lalu memercikkan tepung tawar kepada Jokowi dan Iriana saat tiba di lokasi. Prosesi tepung tawar ini diyakini dapat melindungi, membersihkan dan dijauhkan dari segala marabahaya. Serta selalu mendapat rahmat dan lindungan dari Yang Maha Esa.


Di lokasi itu juga, tampak sejumlah Gubernur dari seluruh Indonesia suda tiba duluan. Sesaat kemudian, Jokowi dan semua hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya. 


Rencananya, malam ini Presiden Jokowi akan berkemah di lokasi IKN, lalu melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.


Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja kali ini antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.