Datangi Kementan, Wapres Evaluasi Pasokan Pangan Jelang Ramadhan

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengunjungi kantor Kementerian Pertanian pada Selasa (8/3) pagi. Dalam kunjungan tersebut, Wapres melakukan monitoring dan evaluasi pasokan pangan serta kesiapan dalam memasuki bulan Ramadan dan Idulfitri 2022. 


Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat konferensi pers di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (8/3). FOTO: IST


JAKARTA - Kunjungan Wapres ke kantor Kementerian Pertanian (Kementan) ini merupakan bentuk upaya pemerintah untuk memastikan stok pangan aman untuk masyarakat. 


Komoditas bahan pangan yang dimaksud diantaranya mulai dari beras, daging sapi, telur ayam, minyak goreng, hingga cabai.


Maruf Amin mengatakan berdasarkan data Kementerian Pertanian per hari ini (8/3/2022) sejumlah komoditas bahan pangan dalam kondisi aman dan terjaga.


"Ini penting dan saya menekankan, supaya tidak terjadi kekurangan. Seperti kemaren misalnya tidak tersedianya minyak goreng dan juga kedelai," ucap Wapres Maruf Amin di Kantor Kementerian Pertanian, Selasa (8/3/2022).


"Dari laporan yang saya terima dari Menteri Pertanian dan berbagai data yang disajikan, bahwa semuanya aman sampai hari raya Idul Fitri," sambungnya.


Selain ketersediaan stok, Maruf Amin juga menyinggung kerap terjadinya lonjakan harga bahan pangan di bulan suci Ramadhan.


Sehingga diperlukan adanya langkah antisipasi yang dilakukan oleh stakeholder terkait.


Mulai dari Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


"Saya juga mengharapkan pentingnya pengendalian harga supaya tidak terlalu naik tinggi," sebut Wapres.


"Memang seperti biasanya harga di bulan Ramadan itu ada kenaikan, yaitu sepanjang batas umum wajar. Karena itu perlu dilakukan langkah antisipasi," katanya.


***