5 Ciri Kecerdasan Emosional & 3 Cara Meningkatkannya

Apa sih itu Emotinal Intelligence?

Emotional Intelligence atau kecerdasan emosional secara singkat bisa dimaknai sebagai kemampuan seseorang dalam mengontrol emosinya dengan baik, baik emosi sendiri maupun emosi orang lain.


Muhammad Al-Fajar

MAMPU bersikap tenang dan bisa mencari solusi atas masalah yang membuatnya tertekan. Dapat menerima kritikan dan tahu bagaimana menggunakannya  untuk menjadi lebih baik.


Setiap  orang memilik kepribadian yang berbdea-beda. Bagaimana kita mengekspresikan emosi pun berbeda dengan orang lain. Seseorang dengan emotional intelligence yang baik mampu mengontrol emosi ketika marah, paham apa yang ingin disampaikan orang lain dan sadar kalau emosi kita juga mempengaruhi orang-orang disektiar kita.

Terus bagaimana kita tahu karakteristik dari Emotional Intelligence?


Terdapat 5 elemen karakteristik terkait emotinal intelligence, yaitu:


1. Self-awareness, yaitu dapat menyadari perasaan atau keadaan yang sedang orang lain rasakan dan mengerti bagaimana mengatur perasaan tersebut. Seseorang dengan emotional intelligence yang tinggi juga lebih sadar akan kekurangan dan kelebihan mereka sendiri.


2. Self-regulation, oarang dengan emotional intelligence cenderung lebih mampu untuk mengatur emosi yang akan dimunculkan atau perilaku yang akan ditampakan. Contohnya ialah mereka tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan, tidak mudah terpengaruh emosi dan juga mengetahui apa yang bisa dan juga tidak bisa dilakukan.


3. Internal Motivation, mampu mengambil suatu keputusan sebagai bentuk optimisme, rasa ingin tahu dan keinginan untuk meraih sesuatu. Orang dengan emotional intelligence lebih produktif dikarenakan mereka tahu  cara untuk fokus, apa yang diinginkan dan tahu bagaimana menraihnya.


4. Emphaty, salah satu karakteristik yang krusial. Yaitu mampu mengetahui dan memahami perasaan orang lain disekitar. Dapat merespon apa yang orang lain butuhkan dan perspektif mereka dalam melihat berbagai hal. Orang yang memiliki empati mampu mendengarkan, merasa relate dengan orang lain dan dapat mempertahankan hubungan dengan baik.


5. Social Skills, yaitu lebih mudah untuk bersosialisasi dengan banyak orang dan dapat membangun hubungan sosial yang kuat dengan orang lain. Biasanya orang dengan emotional intelligence yang tingi tidak hanya fokus pada  diri sendiri, tetapi juga terhadap orang lain.


Jadi, apa Emotional Intelligence bisa ditingkatkan?


Beberapa peniliti meyakini bahwa emotional intelligence bisa ditingkatkan. Terdapar beberapa cara meningkatkan emotional intelligence, diantaranya :


1. Lend an ear to, yaitu memahami dan memperhatikan. Luangkan waktu untuk mendengarkan apa yang orang lain ingin sampaikan kepada kita, baik secara verbal maupun non-verbal.


2. Empathize, bersikap empati. Membayangkan posisi kita dalam keadaan mereka, sikap ini membantu kita dalam memahami keadaan orang tersebut.


3. Meditation, melakukan renungan. Yaitu pertimbangkan bagaimana emosi kita akan mempengaruhi keputusan dan perilaku kita.



Muhammad Al-Fajar

Fakultas Kedokteran

Jurusan Psikologi 

Universitas Syiah Kuala