Respons TGB Soal Pidato Anies, Komparasi Jokowi Versus SBY Soal Jalan

Data TGB, jalan yang dibangun Jokowi jauh lebih panjang dari SBY
Ketua Harian Nasional Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Indonesia (DPP Perindo), Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, memberikan koreksi terhadap pidato bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan mengenai pembangunan jalan di era kepemimpinan Presiden Jokowi dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi. Foto: IST

JAKARTA  - TGB menyatakan bahwa pidato Anies saat acara Milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (20/5) malam, menarik perhatian. Namun, ia memberikan kritik terhadap cara Anies membandingkan pembangunan jalan non tol di era Jokowi dan SBY.

Menurut TGB, data yang disampaikan Anies belum lengkap. TGB tidak dapat memastikan apakah Anies melakukannya dengan sengaja, tidak sengaja, atau lupa.

"Beliau tidak menyampaikan tentang jalan desa yang terbangun pada masa Presiden Jokowi," kata TGB dalam rekaman video yang diterima TIMES.ID pada Minggu (21/5) malam.

Menurut data yang dipegang oleh TGB, hingga akhir tahun 2022, terdapat lebih dari 316 ribu kilometer jalan desa yang dibangun di era Jokowi. Pembangunan jalan desa ini memiliki nilai strategis dalam mengurangi kesenjangan antara desa dan kota serta mewujudkan keadilan dan kemakmuran di tingkat desa.

Dengan adanya jalan desa yang baik, biaya logistik dari desa ke kota maupun sebaliknya dapat ditekan. Hal ini memungkinkan akses yang lebih mudah ke pusat-pusat pertanian, perkebunan, dan peternakan yang sebagian besar berada di desa.

"Mas Anies, jika ingin adil, seharusnya ia menyebutkan bahwa pada masa Presiden Jokowi, lebih dari 316 ribu kilometer jalan desa telah dibangun, yang tidak terwujud di masa sebelumnya," tambah TGB.

TGB juga menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur lainnya, seperti jembatan, telah mencapai lebih dari 1,5 juta meter di tingkat desa. Selain itu, terdapat lebih dari 500 ribu unit air bersih, lebih dari 42 ribu Posyandu, dan infrastruktur lainnya di tingkat desa yang menjadi perhatian Jokowi.

Jika dijumlahkan, pembangunan jalan non tol di era Jokowi mencapai 340 ribu kilometer. Angka ini jauh melampaui pembangunan jalan non tol di era sebelumnya.