Wow! Tempat Wisata di Banjarbaru Lagi Hist dan Populer Liburan 2023

Uniknya terdapat replika kursi emas wisata di Banjarbaru
Tempat wisata pupoler jadi incaran para wisatawan lokal maupun luar mengisi hari libur baik nasional atau liburan akhir pekan.

Tempat wisata di Banjarbaru. Foto: Tangkap layar You Tube Nazwa official kids.

Apalagi di destinasi wisata Banjarbaru dengan konsep alam kekinian di 2023 ini. Dimana terdapat tempatnya yang di jaga atau dilindungi, sebab di area tersebut tersimpan beberapa koleksi zona tumbuhan berkasiat yaitu obat khas kalimantan.

Selanjutnya destinasi Banjarbaru banyak tersimpan berbagai koleksi sejarah didalam museum contohnya, berupa peninggalan kesultanan Banjar masa lalu.

Selain wisata edukasi, ada juga berbagai wahana permainan untuk anak-anak, setelah mengujungi berbagai macam tempat yang lagi hist dan populer 2023 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Dan masih ada beberapa tempat lainya yang akan dibahas dalam artikel ini.

Berikut rekomendasi destinasi wisata 2023 di Banjarbaru bagi siapa saja yang mau kunjungi.

1. Kebun Raya Banua

Kebun ini sebagai tempat konservasi berbagai tumbuhan langka dan berkhasiat yaitu obat khas Kalimantan Selatan.

Di antaranya, zona tumbuhan atsiri, aromatik, dan rempah, zona tumbuhan buah, zona tumbuhan dikotil, dan zona tumbuhan anggrek.

Kebun Raya Banua diresmikan pada 8 Desember 2016 lalu, dengan luas area mencapai 100 hektar. Lokasinya berada di dalam kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di Banjarbaru.

2. Bekantan Park

Tempat yang satu ini terdapat berbagi macam wahana permainan anak-anak seperti, flying fox, jembatan tali, hingga berinteraksi dengan binatang reptil. Tempat ini khusus untuk pembelajaran di alam terbuka, juga cukup fotogenik untuk lokasi swafoto.

Lokasinya di Jl.Guntung Manggis, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru. Tidak terlalu jauh dari Danau Caramin.

3. Museum Lambung Mangkurat

Di Museum Lambung Mangkurat menyimpan beragam koleksi sejarah dan peninggalan yang ditemukan di daerah Banjar, Kalimantan Selatan. Bangunan museum ini terdiri dari dua lantai dengan luas area mencapai 1,5 hektar.

Di dalam Museum Lambung Mangkurat terdapat 11.965 koleksi benda bersejarah. Dari keseluruhan koleksi tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam 10 jenis koleksi. Koleksi ini meliputi Geologi, Geografi, Biologi, Etnografika, Arkeologi, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologi, Keramologi, Seni Rupa, dan Teknologi.

Contoh koleksinya seperti peninggalan Kesultanan Banjar, Canding Agung dan Candi Laras, perkakas batu, ukuran kayu lilin, dan alat pertanian masa lalu. Ditemukan pula koleksi perabot rumah tangga, alat musik tradisional, dan sebagainya.

Disamping benda peninggalan sejarah, Museum Lambung Mangkurat juga memiliki benda atau koleksi andalan yang berada di lantai satu. Koleksi yang dimaksud adalah pakaian Pangeran Antasari dan replika kursi emas Kerajaan Banjar. Replika kursi emas ini terlihat sangat gagah dengan adanya ukiran emas yang unik di bagian belakang kursinya.

4. Danau Caramin

Danau ini merupakan bekas galian tambang PT. Galuh Cempaka. Lalu, bekas galian tersebut terisi air berwarna biru yang dikelilingi hutan galam. Kemudian masyarakat setempat mengelolanya dengan baik seluas 10 hektar.

Danau Caramin terletak di ujung Jl. Manggis, Kelurhan Guntung Manggis, Landasan Ulin, Banjarbaru.

Di sana wisatawan dapat berkeliling danau dengan menggunakan dua fasilitas yang telah disediakan dengan menggunakan kelotok yaitu, perahu motor dan perahu karet.

5. Hutan Pinus Mentaos

Sebelumnya, tempat itu sebagai area percontohan budidaya pohon pinus. Lantaran kerap dijadikan jujugan warga melepas penat, pemerintah daerah menyulapnya sebagai destinasi wisata hutan kota.

Kawasan Hutan Pinus Mentaos kerap dijadikan lokasi prewedding karena tersedianya fasiltas antara lain tempat jajan, area swafoto, dan area parkir yang memadai.

Hutan Pinus Mentaos terlatak di Jl. Pangeran Suriansyah Ujung, Komet, Kota Banjarbaru. Tempat rekreasi ini cukup sejuk dan dapat memulihkan tekanan pikiran setelah terjebak rutinitas harian. Mengutip situs Kemenparekraf, pemandangan di Hutan Pinus Mentaos sangat indah dan penuh tumbuhan hijau.

Kehadiran Hutan Pinus Mentaos ini semacam peneduh dan paru-paru lingkungan di kota Banjarbaru.

Itulah beberapa tempa wisata di Banjarbaru lagi hits dan populer di 2023. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.