Wisata Terpopuler 2023 - Gunung Bromo Wisata Utama Jawa Timur

Wisata Gunung yang paling banyak spot foto cantik, yuk intip
Bagi kamu yang suka dengan wisata alam yang masih alami, Gunung Bromo menjadi salah satu alternatif untuk lokasi healing dari bekerja.

style="margin-left: auto; margin-right: auto; text-align: center;"> Gunung Bromo. Foto: Kolase Foto Instagram @putriartita

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau Jawa, dikenal sebagai daerah yang memiliki destinasi wisata populer di Indonesia.

Menawarkan pesona wisata alam yang memanjakan mata. Mulai dari wisata pantai,wisata gunung hingga wisata budaya.

Adapun salah satu wisata gunung tersebut, yakni wisata Gunung Bromo yang juga dikenal sebagai wisata utama Jawa Timur.

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif, terletak di Jawa Timur tepatnya di desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, gunung ini berada dalam empat kawasan yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Dikarenakan status gunungnya yang masih aktif, menjadikan gunung ini sangat menarik dan selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur.

Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bromo juga terkenal dengan sajian sunrisenya yang begitu mempesona dan menggoda. Apalagi jika suasana tersebut dinikmati sembari meminum kopi atau teh hangat.

Bagi anda yang mempunyai hobi fotografi, sangat disarankan untuk berkunjung ke tempat ini. Banyak terdapat spot foto yang sangat instagramable.

Tidak hanya sunrise, namun Bromo juga menyediakan beberapa destinasi wisata yang sangat disukai para wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

Adapun wisata tersebut seperti, penanjakkan, Bukit Kingkong, Bukit Cinta, Seruni Point, Gunung Batok, Kawah Bromo, Pasir Berbisik dan masih banyak destinasi wisata lainnya.

Untuk menuju ke lokasi Gunung Bromo, dari pusat kota diperkirakan waktu tempuh yang dihabiskan selama 1,5 jam dengan jarak tempuhnya sekitar 40 km.

Disepanjang jalan anda akan dibuat kagum oleh pemandangan hutan yang masih rimbun nan hijau.

Uniknya wisata Bromo ini memiliki jam operasional yang berbeda dari destinasi wisata lainnya.

Tak hanya bisa menikmati wisata ini di siang hari, namun pengunjung juga bisa menikmati wisata ini dimalam hari.

Pengunjung bisa mengambil paket tengah malam (midnight). Lalu pengunjung akan dijemput dari penginapannya oleh pemandu wisata yang sudah siap sedia memberikan pelayanan terbaiknya.

Agar tidak mengecewakan pengunjung, disarankan harus memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Biasanya pemandangan yang sangat memukau bisa dinikmati saat cuaca panas. Apalagi jika berkunjung pada pagi dan sore hari.

Berbagai macam aktivitas-aktivitas menarik yang bisa anda lakukan saaat berkunjung ke Gunung Bromo, seperti berkeliling menaiki jeep, melihat kawah, menaiki kuda dan aktivitas menarik lainnya.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi wisatawan pada saat berkunjung ke wisata Gunung Bromo.

Harga tiket masuk wisata ini dikenakan biaya mulai dari Rp29.000 hingga mencapai Rp320.000, namun tiket ini belum termasuk tiket kendaraan.

Perku diketahui juga tiket ini dibedaka lagi berdasarkn jenis wisatawan dan harinya.

Jika wisatawan lokal berkunjung di hari biasa harga tiket masuk dibanderol dengan harga Rp29.000, sedangkan pada hari libur dikenakan biaya sebesar Rp34.000.

Berbeda dengan wisatawan yang berasal dari luar daerah. Jika berkunjung pada hari biasa tarif tiket masuk sebesar Rp220.000 sementara pada hari libur dibanderol dengan harga Rp320.000.