Tiga Destinasi Wisata Alam Hits 2023 Sumatera Barat

Wisata Alam Payakumbuh yang masih alami banget.
Bagi anda yang sangat suka dengan wisata alam, Payakumbuh menjadi salah satu rekomendasi yang sangat bagus. Simak informasi ini sampai habis ya.

Rumah Adat Minang Kabau, Sumbar. Foto: Kolase Foto Instagram @wisata.sumbar

Payakumbuh merupakan sebuah kota besar yang berada di provinsi Sumatera Barat. Dikenal dengan daerah yang masih sangat alami dan asri.
Sehingga menjadikan Payakumbuh sebagai destinasi liburan yang cocok untuk didatangi saat berkunjung ke daerah Minang Kabau ini.

4 Wisata Favorit Terdekat dari Pusat Kota Bandung

Payakumbuh itu sendiri memiliki hutan yang masih hijau nan rimbun, pegunungan-pegunungan yang menjulang tinggi, dan panorama awan yang sangat mempesona.

Tak ayal, daerah ini juga menjadi incaran para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan ataupun healing untuk melepas penatnya bekerja.

Tentu saja beragam wisata juga dapat anda temukan di Payakumbuh ini mulai dari objek wisata air hingga objek wisata daratan.

Baik langsung saja berikut mimin paparkan beberapa wisata yang patut dikunjungi, baik bersama keluarga maupun rekan-rekannya ya guys.

1. Jembatan Kelok 9

Jembatan Kelok 9. Foto: Kolase Foto Instagram @kelok9official

Salah satu objek wisata alam yang wajib anda kunjungi adalah Jembatan Kelok 9.

Terletak di Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jarak lokasi wisata ini dengan pusat kota Payakumbuh sekitar 30 Km.

Jembatan kelok 9 juga merupakan jembatan penghubung antara provinsi Sumatera Barat dengan provinsi Riau.

Sesuai dengan namanya jembatan ini memiliki garis jalan yang sangat berkelok-kelok yang berjumlah 9 belokkan.

2. Lembah Harau

Lembah Harau. Foto: Kolase Foto Instagram @ekaristi_iwel

Tak kalah menarik Lembah Arau juga menjadi salah satu destinasi terbaik yang ada di Kota besar Payakumbuh.

Terletak di Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Lembah Harau ini dihapit oleh dinding curam dengan ketinggian 100-200 meter, memiliki pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan.

Banyak terdapat tempat wisata di Lembah Harau ini, seperti air terjun, kolam renang, hingga tempat wisata modern seperti Harau Dream Park.

Tak sulit untuk menuju ke Lembah Harau yaitu sekitar 138 km dari Kota Padang, 47 km dari Bukittinggi, 18 km dari Payakumbuh, dan 2 km dari Kabupaten Lima Puluh Kota.

Lembah Harau juga dikenal dengan nama Lembah Yosemite, dan menjadi salah satu lembah terindah di Indonesia.

Fieris Hotel Bintang 3 Jakarta, Harga dan Lokasi 

Bukan tanpa alasan nama itu acap kali digunakan karna keindahan yang dimilikinya menyerupai Taman Nasional Yosemite di Sierra Nevada California.

Untuk memasuki wisata ini dikenakan biaya tiket masuk dengan harga sekitar Rp20.000 atau bisa dengan membayar Rp40.000, untuk ke beberapa destinasi wisata tersebut.

3. Bukit Kelinci

Bukit Kelinci. Foto: Kolase Foto Instagram @tripsumbar

Tempat wisata Payakumbuh ngehits ke tiga adalah Bukit Kelinci. Berada di Koto Tangah Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Sesuai namanya, wisata ini memberikan pemandangan taman yang hijau dan indah dipandang mata, tak hanya itu taman ini juga berisi kelinci lucu yang menggemaskan, lengkap dengan kandangnya.

Bukit Kelinci ini juga merupakan salah satu wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan

Setibanya di sana anda akan disuguhkan pemandangan alam yang menyegarkan dan juga beberapa kincir angin yang melengkapi kesan taman ala Belanda.

Jam operasional Bukit Kelinci ini yaitu pada pukul 08.00-18.00 WIB.

Harga tiket masuk wisata Bukit Kelinci dibanderol dengan harga yang sangat murah yaitu Rp3.000/orang, bel okum termasuk tiket parkir dengan harga Rp3.000 kendaraan bermotor, sementara tiket parkir mobil Rp5.000 saja.