Pucok Krueng Alue Sungai Pinang jadi Wisata Pemandian yang Banyak Dikunjungi di Abdya

Pucok Krueng Alue Sungai Pinang merupakan salah satu destinasi wisata alami di Abdya
Aceh Barat Daya (Abdya) adalah salah satu kabupaten di Aceh yang memiliki banyak pesona wisata alam yang masih alami.

Pucok Krueng Alue Sungai Pinang, Foto: Puji M. Arfi

ABDYA - Destinasi wisata di daerah ini menarik banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah Abdya. Wilayah ini dikenal dengan julukan Breuh Sigupai.

Kawasan yang rindang di bagian Aceh sebelah Barat-Selatan menjadi pilihan destinasi wisata ketika berlibur ke Aceh Barat Daya.

Abdya bukan hanya ada tempat wisata yang indah, tetapi juga menawarkan banyak keragaman budaya, adat istiadat, dan kulinernya lezat. Dengan demikian, kota ini menjadi tujuan wisata yang banyak kunjungi.

Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Abdya adalah wisata sungai. Sungai ini disebut pemandian Putro Aloh atau sering disebut pemandian Pucok Krueng. Lokasi wisata air pegunungan ini berada di Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa, Abdya.

Merileksasikan pikiran menjadi salah satu alasan untuk mengunjungi wisata ini. Tempat ini cocok untuk akhir pekan bersama keluarga atau bersama teman.

Pemandian ini disebut Pucok Krueng, karena tempatnya terletak di hulu sungai di Desa Alue Sungai Pinang. Di tempat wisata yang satu ini pengunjung bisa menikmati alam yang masih alami dan sejuk.

Lokasi pemandian alam Pucok Krueng juga cocok dijadikan tempat melepas penat bersama keluarga. Lagi pula, kedalaman airnya juga beragam, dan di antara sungai yang mengalir terdapat batu-batu besar.

Destinasi wisata pemandian ini tak pernah sepi, saban sore banyak wisatawan yang datang menikmati segarnya Ie Pucok Krueng. Mereka datang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Biasanya pengunjung datang bersama keluarga dan teman-teman.

Tempat wisata di kaki Gunung Lauser ini identik dengan kejernihan sungai yang mengalir indah.

Pengunjung tidak perlu khawatir soal makanan, karena sudah tentu di setiap destinasi wisata ada yang menjual kuliner berupa jajanan ringan dan makanan lainnya. Makan sambil merendam separuh tubuh adalah hal yang asik dilakukan di tempat ini.

Lokasi pemandian Pucok Krueng tidak begitu jauh dari pusat kota Abdya, Balngpidie. Jarak tempuh dari pusat kota Blangpidie hanya 15 menit jika ditempuh dengan sepeda motor.