Kawah Ijen Salah Satu Destinasi Wisata Ngehits Ketika Liburan Tiba

Kawah Ijen Salah Satu Wisata Populer Yang Hanya Ada di Dua Negara
Banyuwangi selalu menjanjikan dan menawarkan keindahan alam yang tidak bisa dipungkiri. Hal ini membuat Banyuwangi tak usai di kunjungi wisatawan lokal maupun turis manca Negara.

Objek Wisata Populer Kawah Ijen. Foto: Kolase Foto Instagram @wisatakabupatenbanyuwangi

JAWA TIMUR – Kawah Ijen Banyuwangi atau Gunug Ijen merupakan salah satu objek wisata yang popular dan tak usai dikunjungi. Objek wisata yang memanjakan mata ini membuat pengunjung terkesima akan keindahan yang diperoleh dari objek wisata tersebut.

Kawah Ijen merupakan kawah asam pada bagian puncak Gunung Ijen denga danau yang memiliki kedalaman 200 meter dan luas wilayah hingga 5.466 hektar. Sedangkan Gunung Ijen memilki ketinggian 2.386 mdpl. Terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Menuju Kawah Ijen atau Gunung Ijen membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 4 jam. Biasanya pengunjung akan melakukan pendakian pada malam hari sekitar pukul 23.00 WIB. Dikarena objek wisata ini bersuhu dingin jadi di sarankan bagi pengunjung agar mengenakan pakaian yang tebal dan menyiapkan energy yang lebih.

Di Kawah Ijen juga ada fenomena Blue Fire yaitu api yang berwana biru. Fenomena ini biasanya terjadi pada pukul 02.00 WIB sampai dengan pagi hari. Sebaiknya kamu mengunjungi Kawah Ijen pada saat musim kemarau karena pada musim ini Blue Fire akan sangat tampak besar dan jelas. Bulan Juni-September adalah bulan favorit ke Kawah Ijen dan pandakian di musim kemarau juga lebih gampang.

Kilauan api berwarna biru di Kawah Ijen sebenarnya adalah gas reaksi hasil pembakaran dar senyawa belerang dan merupakan hasil reaksi dari gas bumi yang bertemu dengan gas oksigen pada waktu-waktu tertentu. Dan yang membuat Kawah Ijen ini sangat terkenal adalah danau dengan air asam kuat di dunia dan air di Kawah Ijen berwarna biru terang.

Namun demikian, dibalik keindahan Kawah Ijen ini memiliki bahaya seperti belerang yang terasa pedih di mata dan bahaya untuk perbatasan serta tebing yang terjal. Akan tetapi Kawah Ijen tetap menjadi wisata yang popular karena hanya ada dua di dunia.