Ini Dia 3 Pantai yang Jadi Destinasi Wisata Bahari Terpopuler di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Wediombo jadi tempat terbaik untuk menikmati sunset
Berkunjung ke daerah yang dijuluki dengan kota Gudeg, tentunya belum lengkap tanpa menjelajahi tempat wisata Gunung Kidul Wonosari.
 
Pantai Wediombo, Foto: Instagram @taufikbudjana

YOGYAKARTA – Gunung Kidul berada di ujung selatan sisi timur Yogyakarta, kawasan ini terkenal dengan keindahan pantai pasirnya yang putih.

Tak dapat diragukan lagi, kawasan istimewa Yogyakarta menyimpan sejuta keindahan alam terbaik setiap tahunnya, salah satunya disebut sebagai Wisata Gunung Kidul.

Mengunjungi Gunung Kidul adalah suatu keharusan ketika sedang berlibur ke Yogyakarta. Khususnya bagi para wisatawan pecinta alam, sebab daerah ini terdapat panorama alam eksotis yang tidak boleh dilewatkan.

Adapun wisata di Gunung Kidul beraneka ragam, mulai dari sungai, pantai, kolam dan masih banyak yang lainnya. Berikut ini akan diulas 3 pantai yang jadi destinasi wisata bahari terpopuler yang sering dikunjungi wisatawan saat ke Gunung Kidul Yogyakarta.

Pantai Sundak

Pantai Sundak yang terletak di desa Sidoharjo Tepus. Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Indrayanti. Destinasi wisata pantai ini cocok bagi orang yang tidak begitu suka dengan keramaian.

Destinasi wisata pantai ini di Yogyakarta masih tergolong sepi. Berbeda dengan Pantai Indrayanti yang kerap dipadati wisatawan.

Jadi pilihan yang menarik bagi yang memang ingin mencari ketenangan atau menghilangkan penat. Suasana yang tidak terlalu ramai sebenarnya menjadi keunggulan utama Pantai Sundak.

Menampilkan berbagai macam pemandangan eksotis ala wisata bahari yang akan membuat para wisatawan terkagum-kagum. Semilir angin sepoi yang ada di pantai ini menambah kenyamanan bagi para wisatawan yang berlibur ke Pantai Sundak Yogyakarta.

Lokasi Pantai Sundak lebih spesifiknya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket masuk ke Pantai Sundak ini gratis, para pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya parkir saja.

Pantai Indrayanti

Di antara banyaknya pantai yang terdapat di Gunung Kidul, Pantai Indrayanti termasuk destinasi wisata pantai yang paling populer. Kepopuleran pantai ini berasal dari pemandangannya yang indah.

Hamparan pasir putih yang luas, air laut yang biru jernih dan terumbu karang yang hijau dapat memanjakan mata para wisatawan yang datang ke pantai ini. Para wisatawan bisa bermain air atau hanya sekadar menikmati pemandangan dari atas tebing pantai.

Para wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam pantai ini sambil mencoba permainan yang memacu adrenalin, yaitu dengan cara bermain jetski. Keindahan Pantai Indrayanti bahkan bisa diadu dengan keindagan pantai-pantai di Bali, karena memang pantai yang satu ini sangat indah.

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo ini juga tak kalah indah dari dua pantai sebelumnya. Karena pantai ini merupakan pantai tempat melihat sunset terindah di Gunung Kidul. Disarankan waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah dari siang hingga sore.

Ketika siang bisa menyibukkan diri dengan berenang di genangan air karang. Saat tiba sore hari, waktunya untuk menikmati sunset di pesisir pantai. Menikmati sunset ini akan lebih asik jika dilakukan bersama keluarga, teman atau pasangan.

Namun, jika tidak ingin terkena terik matahari yang begitu menyengat, dianjurkan untuk datang pada pagi atau sore. Sebab suasana siang hari di Pantai Wediombo cukup terik dan panas.

Pantai ini menjadi wisata yang unik, sebab bisa menyaksikan pemandangan perbukitan hijau di kejauhan dan air laut yang tenang, dan suara ombak yang syahdu.

Semilir angin yang berhembus sepoi juga menyelimuti kawasan wisata Pantai Wedi Ombo membuat semua orang merasa nyaman.

Terkait tiket masuk Pantai Wediombo termasuk murah, hanya seharga Rp 5.000 per orangnya.