Gunung Raung Wisata Paling Mainstream di Banyuwangi, Traveller Wajib Coba

Wahana paling menantang ini harus betul-betul siap fisik dan mental
Bukan Banyuwangi namanya kalau tidak memiliki objek wisata yang menantang. Wisata Gunung Raung wajib masuk ke dalam to do list para pencinta traveling, terutama pendaki. Gunung Raung merupakan puncak gunung tertinggi yang terletak di kawasan pengunungan Ijen.

Wisata Gunung Raung. Foto: Kolase Foto Instagram @raung.sejati

BANYUWANGI - Gunung Raung terletak diantara 3 kabupaten di Jawa Timur yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3344 meter diatas permukaan laut.Gunung Raung ini merupakan objek wisata ekstrim di Banyuwangi karena merupakan gunung berapi aktif yang sudah mengalami beberapa kali letusan.

Pendaki yang ingin menjelajahi gunung ini harus mempersiapkan fisik dan mental yang kuat karena gunung ini memiliki jalur pendakian yang ekstrim dan terjal, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dan tenaga yang kuat saat mendaki.

Saat awal pendakian, pendaki akan langsung menemui trek menanjak berupa bebatuan dan tanah yang licin. Seterusnya pendaki akan menemui tebing-tebing dengan rasio kemiringan yang tinggi bahkan tegak lurus. Oleh karena itu, pendaki wajib memastika peralatan yang dipakai sudah betul dan lengkap untuk keselamatan selama melakukan pendakian.

Semakin terjalnya, gunung ini mendapat julukan gunung dengan jalur sirotal mustaqim. Gunung ini memiliki 4 puncak yang sering dijadikan titik tujuan para pendaki yaitu puncak bendera, puncak 17, puncak tusuk gigi dan puncak sejati.

Mendaki Gunung Raung ini tentu sangat melelahkan, namun rasa lelah tersebut akan hilang dengan sendirinya saat sampai ke titik puncak dari gunung ini. Puncak sejati Gunung Raung memiliki keindahan tiada tara yang harus diabadikan sebagai momen berharga.

Di puncak gunung tersebut, pendaki dapat melihat dan merasakan keindahan gumpalan awan, pemandangan di bawah gunung, langit yang biru, asap kawah, relief-relief tepian gunung dan pemandangan indah lainnya.

Untuk mengunjungi lokasi Gunung Raung ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 15.000 perorang. Seterusnya untuk mendaki gunung pengunjung dapat menyewa pemandu dengan harga sekitar Rp 750.000, harga ini agak kemahalan namun pengalaman yang didapatkan pasti akan lebih memuaskan.