2 Wisata yang Populer dan Ramai Dikunjungi di Pasuruan Jawa Timur

Ranu Grati adalah danau seluas 107 hektar dengan background pegunungan.
Pasuruan adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Ranu Grati Pasuruan, Foto: Instagram @hidayatulloh_____

PASURUAN - Ibukotanya adalah Kecamatan Bangil. Pasuruan merupakan kabupaten dengan daya tarik wisata terlengkap meliputi gunung, laut, serta jadi kota tertua kedua di Jawa Timur.

Kabupaten Pasuruan di Jawa Timur tak kalah menarik dengan kawasan lain di Jawa Timur. Selain itu, bagi para wisatawan yang menyukai wisata alam, di sini juga bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang mempesona.

Berlibur terkadang terlihat seperti kegiatan yang tidak perlu, namun pada kenyatannya sangat diperlukan, apalagi setelah berkutat dengan pekerjaan yang menyebabkan rasa lelah menumpuk di benak.

Fungsi atau manfaat dari liburan itu sendiri adalah benar-benar untuk menyegarkan pikiran dan tidak hanya membuang-buang uang dan tenaga.

Bagi kamu yang tinggal di Jawa Timur dan tidak ingin pergi terlalu jauh untuk liburan, kamu bisa mengunjungi Pasuruan.

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, Pasuruan memiliki banyak wisata alam seperti air terjun dan perbukitan.

Air Terjun Tundo Pitu

Di Pasuruan terdapat Air Terjun Tundo Pitu yang terletak beberapa meter dari jalan utama Puspo-Tosari. Oleh karena itu, pengunjung yang ingin ke sana tidak perlu menempuh perjalanan yang terlalu jauh.

Kenapa air terjun ini dinamakan air terjun Tundo Pitu karena air terjun ini memiliki bentuk bergelombang hingga tujuh tingkat.

Di sana, selain bisa melihat panorama air terjun yang unik ini, para wisatawan juga bisa melihat hutan-hutan yang rimbun di sekitarnya, tempat banyak burung liar yang sering beterbangan.

Adapun fasilitas yang didapatkan di sana hanya area parkir kendaraan, sedangkan untuk tiket masuknya tidak dikenakan biaya dan buka setiap hari 24 jam.

Air Terjun Tundo Pitu ini terletak di Desa Baledono, Kecamatan Losari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Ranu Grati

Karena letak geografisnya, Pasuruan memiliki sejumlah tempat wisata alam yang menarik, salah satunya Ranu Grati.

Ranu Grati atau yang juga dikenal dengan nama Danau Ranu Grati merupakan danau seluas 107 hektar dengan background pegunungan yang indah.

Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Dari pusat kota, para wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke Ranu Grati.

Selain bisa menikmati udara segar dan pemandangan khas pegunungan, di sini juga bisa memancing, menaiki perahu untuk menyusuri danau, dan bersepeda air.

Fasilitas yang disediakamn di tempat ini adalah wahana air, gazebo, warung, dan lahan parkir. Selain itu tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Ranu Grati berlokasi di Desa Ranu Klindungan, Sumber Dewasari dan Kalipang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.