Simak Ya, Cara Mematikan Set Top Box (STB) Dengan Benar

STB tidak akan terasa panas dan aman
Akhirnya pemerintah telah resmi mematikan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO). Migrasi TV analog ke TV digital, mulai November 2022 lalu.

Ilustrasi Set Top Box (STB). Foto: Pixabay.

Dalam migrasi dari TV analog ke TV digital dilakukan secara bertahap dibeberapa wilayah termasuk Depok, Jakrta, Bogor, Tanggeran dan Bekasi (Jabodetabek).

Meskipun begitu, masyarakat yang tinggal di wilayah terdampak ASO, bagi yang sudah memiliki TV analog ingin dapat siaran TV digital, hanya menggunakan Set Top Box (STB) saja.

STB adalah dekoder yang berfungsi menangkap sinyal digital dan mengubahnya agar bisa diterima TV analog biasa.

Atas dasar kebijakan terhadap siaran TV analog ke siaran TV digital. Pemerintah memberikan subsidi STB bagi masyarakat yang masuk kategori Rumah Tangga Miskin (RTM).

Mengenai cara pemasangan STB hal ini di artikel kali tidak dibahas terlalu detil, nantinya pengguna hanya melihat apakah STB itu sudah bersertifikasi yang dikeluarkan oleh Kominfo, ketika membeli STB nya.

Sementara itu, dikutip dari kanal Youtube Mamat Arjuna dan berikut cara mematikan STB. Sebelum dimatikan, lihat dahulu kondisi STB.

Jika dalam keadaan nyala akan muncul nomor channel. Dan jika tidak menyala akan terlihat mode jam saja.

Terakhir mematikan televisi dengan pastikan STB juga dalam keadaan tidak nyala.

Faktanya, walaupun televisi sudah dimatikan, namun STB tidak dimatikan, mesin terus berjalan. Dalam kondisi inilah STB akan terasa panas dan bisa-bisa terbakar bahkan meledak.

Cara mematikan cukup mudah dengan menekan tombol power. Pertanda STB dalam keadaan mati akan terlihat mode jam.

Dalam kondisi ini, walaupun mode jam tetap nyala STB tidak akan terasa panas dan aman dan pastikan juga kabel yang terpasang tidak tercampur atau berubah.