Satu Unit Rumah Ambruk Dilanda Banjir di Samadua Aceh Selatan

Ambruknya rumah warga terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, tadi pagi
Hari ini Aceh Selatan dan sekitarnya diguyur hujan lebat hingga sungai Samadua di salahsatu kecamatan Aceh Selatan meluap dan menyebabkan satu unit rumah ambruk terseret arus, Kamis 1 September 2022. 

Kondisi rumah korban, Fauzan saat terseret arus. Foto: Facebook @firnanda hadi.

ACEH SELATAN- Menurut laporan sementara, saat ini, puluhan gampong di kecamatan Samadua terndam banjir bahkan pada beberapa lokasi menyebabkan badan jalan Nasional juga dilanda banjir tidak bisa dilalui tepatnya Gampong Lhok Ketapang, kec, Tapaktuan.

Satu unit rumah sekaligus warung kopi tersebut diketahui milik Fauzan yang berada di air dingin, salah satu objek wisata setempat, Gapong Batae Tunggai, Kecamatan Samadua.

Hujan melanda kabupaten Aceh Selatan sejak tadi pagi hingga saat ini, cuaca ekstrim tersebut menyebabkan air sungai meluab dan merendam puluhan gambong di Kecamatan Samadua, bahkan obak laut juga tinggi.

Disilain, Camat Samadua, Yusman mengatakan pada wartawan bahwa, peristiwa ambruk satu unit warga tersebut terjadi tepat pukul 10.00 tadi pagi. Rumah tersebut berada di kawasan objek wisata air dingin, Gampong Bate Tunggai.

"Saat ini korban Fauzan dan keluarga terpaksa memgungsi kerumah penduduk setempat. Kejadian ini sudah kita laporkan kepada BPDB," sebut Yusman.

Beruntung, saat kejadian Fauzan dan istri beserta anak-nak nya sempat menyalamatkan diri ketika luapan air sungai menghantam rumah mereka. 

Dalam kejadian itu, menyebabkan beberapa bara-barang rummah tangga hingga semua bangunan hancur terseret arus. untuk jumlah kerugian belum diketahui hingga saat ini.

Saat ini, Fauzan dan keluarga sudah mengungsi dan di amankan kerumah warga setempat, kemudian camat Samadua juga sudah melaporkan kejadian ini kepda Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPDB).

Menurut keterangan masyarakat setempat, banjir seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya di kawasan air dingin. 

Dihimbau untuk semua masyarakat Aceh Selatan, terutama daerah Kecamatan Samadua untuk tetap waspada agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.