Profil Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan Sekaligus Ketua Umum PAN, Ternyata Pernah Jualan Telur

Zulkifli Hasan merupakan pria kelahiran Lampung Selatan
Zulkifli Hasan merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasinal (PAN) sekaligus Menteri Perdagangan Indonesia sejak 16 Juni 2022, menggantikan Muhammad Lutfi. 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Foto: Instagram @kemendag.

TIMES.ID- Karir Zulkifli Hasan atau yang sering disebut Zulhas dikenal dengan politikus yang terbilang lama berkecimpung di dunia politik Indonesia. Selain menjadi pejabat partai, Zulhas juga pernah menjadi Menteri Kehutanan pada masa pemerintahan SBY Periode 2009-2014.

Dari pengalaman Zulhas yang pernah menjabat sebagai Menteri, menarik perhatian Presiden Jokowi untuk mempercayai Zulhas menjabat sebagai Menteri pada perobakan kabinet beberapa waktu lalu.

Dikutip dari situs resmi DPR RI, Zulhas adalah salah satu tokoh Indonesia yang sukses di bidang politik maupun Bisnis, dirinya juga merupakan pria kelahiran daerah Penengahan, Lampung Selatan.

Dibalik karir yang sukses, ternyata Zulhan telah belerja keras sejak usia muda, bahkan dia pernah berjualan telur untuk membantu kebutuhan keluarganya.

Sebelum merantau ke jakarta, Zulham pernah masuk sekolah di Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), dan kemudian, zulham diam-diam meninggalkan kampung halamanya dan bersekolah di SMA Negeri 53 Jakarta.

Setelah menyelesaikan SMA, Ketum PAN tersebut melanjutkan kuliah di kampus Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Fakultas Ekonomi lulusan tahun 1996.

Dari kecerdasan dan keterampilan yang dimiliki, Zulhas mulai bekerja dan menduduki beberapa jabatan di berbagai lembaga. Setelahnya, Zulhas memulai karir baru dengan terjun ke dunia politik, bergabung dengan parta politik PAN.

Selanjutnya, pada tahun 2000, ia dipercaya untuk menjadi Ketua Lembaga Buruh Tani dan Nelayan PWM DKI.

Karir Zulhas di bidang politik terus meningkat, bagai mana tidak, ia terus dipercaya untuk menjabat posisi struktural seperti menjadi Ketua Departemen Logistik DPP PAN tahun 2000 hingga 2005, menjadi Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI tahun 2004 hingga 2009, menjabat sebagai Sekjen Dewan Pimpinan PAN Pusat tahun 2005 hingga 2010, bahkan ia menjadi Menteri Kehutanan RI pada masa Presiden SBY tahun 2009-2014.

Setelah berakhir masa jabatan sebagai Menteri Kehutanan, Zulhas kembali dipercaya untuk menjadi Ketua MPR RI periode 2014-2019. Lalu, ia menjadi Wakil Ketua MPR RI dan Ketua Umum PAN yang keempat.

Saat ini jabatan Zulhas yaitu, menduduki kursi Menteri Perdagangan di kabinet Jokowi. Kini, ia juga telah mempersiapkan satu nama untuk menggantikan janbatannya sebagai wakil ketua MPR periode 2019-2024.