Profil Ahmad Sahroni, Dari Tukang Semir Sepatu, Jadi Anggota DPR hingga Mengaku Teman Ferdy Sambo

Ahmad Sahroni pernah bekerja sebagai sopir pada perusahaan pengisian BBM
Bendahara Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang juga anggota DPR di Komisi III Ahmad Sahroni, saat ini menjadi buah bibir usai dia mengaku pernah berteman dengan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. Foto: Kolase Foto Instagram @ahmadsahroni88

JAKARTA - Pengakuan itu dilontarkannya saat menjadi bintang tamu di acara Podcast Deddy Corbuzier yang dikutip Times.id dari Channel Youtube @deddy corbuzier pada Rabu, 31 Agustus 2022 lalu.

Sahroni mengaku sudah cukup kenal dengan sosok Ferdy Sambo. Mereka bahkan dulu sering bertemu dan ngopi bareng.

"Kenal 2006, ada Kudus Cafe di Sultan. Zaman masih pangkatnya Kompol, zaman masih blo-on lah," ujar Sahroni.

Wakil Ketua Komisi III DPR itu mengatakan, Ferdy Sambo mulai mengalami perubahan sikap sejak ia naik pangkat menjadi seorang jenderal bintang satu. Ia bahkan menyebut Sambo sekarang agak lebih arogan dibandingkan dengan Sambo yang dikenal dulu.

Tak pelak, pengakuannya tersebut memantik reaksi publik. Apalagi, Sahroni ditempatkan di Komisi III DPR, yang punya hubungan dengan lembaga hukum, salah satunya institusi kepolisian yang saat ini sedang disorot dalam kasus yang melibatkan teman lamanya itu.

Lalu seperti apa sosok Ahmad Sahroni? Berikut ulasan Times.id yang dikutip dari berbagai sumber

Ahmad Sahroni adalah seorang pengusaha dan juga anggota DPR yang lahir pada 8 Agustus 1977. Saat ini, Bendahara umum Partai Nasdem tersebut menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR periode 2019-2024.

Pria yang akrab disapa roni itu berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Orang tuanya merupakan penjual nasi Padang di Pelabuhan Tanjung Priok.

Semasa kecil, ia sudah dikenal ulet dalam bekerja. Saat pulang sekolah, Roni bekerja mencari penghasilan sendiri dengan menjadi tukang semir sepatu hingga ojek payung.

Sebelum masuk dunia politik, Sahroni sempat menjajal profesi sopir di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM). Lambat laun, ia kemudian dipercaya sebagai staf operasional disana. Berkat kegigihannya, ia terus mendapat kepercayaan dari perusahaan tempatnya bekerja, hingga akhirnya Sahroni menjadi Direktur Utama dan mengembangkan bisnis sendiri.

Ahmad Sahroni mulai terjun ke politik saat ia bergabung dengan Partai Nasdem pada 2013. Lalu ia pun memutuskan untuk maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPR pada Pemilu 2014 dan terpilih. Pada Pemilu 2019 Sahroni kembali terpilih sebagai anggota DPR kedua kalinya.

Pada awal menjadi anggota DPR, ia ditugaskan di Komisi XI. Lalu pada 2016, Sahroni dipindahkan ke Komisi III hingga sekarang. Sejak 2019, politikus Nasdem itu menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR.