Ngaku Belum Mandi Hingga Tawarkan Jaket G20, Jokowi: Tidak Saya Suruh Sebut Nama Ikan Kok

Selama di Papua, Jokowi juga sempat bermain bola bersama anak-anak di Papua Football Academy
Presiden Joko Widodo diketahui melakukan kunjungan kerja ke Papua pada Rabu, 31 Agustus 2022. Disana Jokowi melakukan beberapa kegiatan, diantaranya mengunjungi anak-anak yang sedang latihan bola di Papua Football Academy serta bersilaturrahmi dengan karyawan Freeport.

Presiden Jokowi saat bertemu dengan Karyawan PT Freeport Indonesia. Foto: tangkapan layar channel Youtube @sekretariat presiden

PAPUA - Dalam kunjungan tersebut, Jokowi sempat mengaku belum mandi selama berada disana. Hal itu disampaikannya saat pertemuan dengan para karyawan PT Freeport Indonesia, di Mimika, Papua pada Rabu, 31 Agustus 2022.

Awalnya, Jokowi menyampaikan tentang kegiatannya saat bermain bola bersama anak-anak Papua di Papua Football Academy pada pagi hari. Selesai disana, ternyata Jokowi langsung melanjutkan dengan kegiatan yang lain.

"Jadi tadi pagi saya main bola sama anak-anak umur 12-13 tahun. Kaosnya juga belum diganti, saya sampai saat ini juga belum mandi," ujar Jokowi seperti dilansir dari channnel Youtube Sekretariat Presiden.

Kemudian Jokowi mengatakan kalau hal itu bisa disiasati dengan jaket yang dikenakannya, sembari mengaku terkejut dengan cuaca dingin di Papua.

"Belum mandi, saya ngaku saja. Saya tutup jaket. Kaget juga saya ternyata disini dingin banget. Nggak nyangka kalau ternyata di atas 2.000 Mdpl," ungkapnya.

Setelah bercerita perihal kegiatannya di awal pembukaan, lalu Presiden Jokowi mulai berpidato dengan mimik serius. Ia memberikan beberapa arahan kepada para karyawan PT Freeport yang hadir sebagai bentuk harapan agar bisa dilakukan demi terwujudnya kemajuan daerah Papua dan bangsa Indonesia.

Di akhir pidatonya, terdapat momen menarik ketika sang Presiden menyampaikan keinginan untuk memberikan jaket G20 yang sedang dipakainya kepada salah satu karyawan.

"Kalau ada yang mau jaket, tunjuk jari," ucap Jokowi

Namun, setelah ditunggu beberapa saat, ternyata belum ada respons dari para karyawan Freeport yang hadir. Tak ada yang terlihat angkat tangan diantara mereka. Jokowi pun langsung melempar candaan.

"Mau diberi jaket saja, tunjuk jari. Tidak saya suruh nyebut nama-nama ikan kok," seloroh Jokowi yang disambut gelak tawa para hadirin.

Sontak saja, setelah Presiden menyampaikan hal tersebut, beberapa karyawan pun langsung mengangkat tangan. Bahkan seorang diantaranya terlihat sangat bersemangat sampai menarik perhatian Jokowi.

Namun, setelah diperhatikan sejenak, akhirnya Presiden tidak jadi memberikan jaketnya kepada orang itu. Jokowi beralasan badannya tidak sesuai dengan jaket yang akan diberikan. Sehingga, Jokowi pun kembali berseloroh.

"Badannya yang agak kurus kayak saya. Jangan yang gemuk, nanti nggak muat," ucap Jokowi.

Sesudah itu, barulah Presiden memberikan jaketnya kepada salah seorang karyawan yang berada di barisan belakang, setelah terlebih dahulu dipersilahkan untuk maju ke depan.