HMI Nagan Raya Tidak Masalah Pj Bupati dari Kalangan Perempuan, Asalkan...

Dalam sejarahnya, Aceh pernah 3 masa dipimpin oleh perempuan

Ketua HMI Cabang Nagan Raya Safrizal

SUKA MAKMUE - Ketua HMI Cabang Nagan Raya Safrizal merespon rekomendasi DPRK mengenai penentuan Pj Bupati Nagan Raya. Ia meyakini, siapapun yang ditetapkan menjadi Pj Bupati adalah pilihan terbaik yang harus didukung sama-sama.

"Dalam Surat Rekomendasi DPRK Nagan Raya kepada Kemendagri, semua yang direkomendsi adalah orang-orang terbaik yang dinilai mumpuni membangun nagan Raya, terlepas itu laki-laki atau perempuan, mengingat ada Nama perempuan yang masuk ke dalam Rekomendasi DPRK." ucap Safrizal dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9).

Jika kemudian pun, Kemendagri menetapkan perempuan menjadi Pj Bupati, kita rasa itu bukan jadi sebuah masalah, mengingat Aceh pernah tiga kali dipimpin secara berturut-turut oleh perempuan.

Mereka adalah Ratu Naqiatuddin Syah (1675-1678 M), Ratu Zakiatuddin Syah (1678-1688 M ), dan Ratu Kamalat Syah (1688-1699 M). Waktu itu yang menjadi penggerak hukum adalah seorang ulama besar dan kharismatik Syiek Abdurrauff As-Singkili.

Itu adalah bukti sejarah bahwa perempuan juga mampu menjalankan roda kepemimpinan. Jadi, perdebatan soal itu, menurutnya harus disudahi, dan yang menjadi pekerjaan rumah kita adalah sama-sama mendukung dan mengawal pembangunan Kabupaten Nagan Raya kearah yang lebih baik. Tanpa mendeskreditkan gender dan isu-isu lain yang hanya akan memecah-belah kekeluargaan di Kabupaten Nagan Raya.

Ia juga menyampaikan pentingya semua pihak mendukung siapapun yang ditunjuk untuk menjadi Pj Bupati Nagan Raya. Karena, keputusan Kemendagri tentu sebutnya sudah melalui proses kajian yang panjang.

"Sehingga keputusan itu harus kita dukung sama-sama. Nah, kita sebagai masyarakat kabupaten Nagan Raya juga memiliki tanggung jawab yang sama, yakni melakukan pengawalan dan memberi dukungan supaya Pj Bupati Nagan Raya kedepan bisa melaksanakan Tugas dengan Baik" ujarnya.

Terakhir, ia berharap supaya yang ditetapkan sebagai Pj Bupati Nagan Raya, Meskipun itu perempuan harus lah dia yang benar-benar memahami tentang persoalan-persoalan yang ada di Nagan Raya serta benar-benar Amanah mengemban tanggung jawab itu.

"Tidak lupa untuk berkomitmen melanjutkan program-program yang sudah dijalankan pemerintahan pebelumnya," harapnya.