Buruan, Kartu Prakerja Gelombang 44 Resmi Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Peserta yang terdaftar masih menempuh pendidikan formal tidak dibolehkan mendaftar
Pemerintah kembali membuka program Kartu Prakerja pada Minggu, 4 September 2022. Ini merupakan gelombang yang ke-44, setelah 43 gelombang sebelumnya telah berhasil dilaksanakan.

Ilustrasi. Foto: Kolase Foto Instagram @prakerja.go.id

JAKARTA - Bagi para pencari kerja yang selama ini belum lulus pada gelombang-gelombang sebelumnya, maka inilah saatnya menggunakan kembali kesempatan untuk mendaftar agar bisa diterima sebagai peserta program Kartu Prakerja.

Sebelum mendaftar, tentunya harus disiapkan dulu setiap persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Pada dasarnya, persyaratan peserta program Kartu Prakerja masih sama seperti gelombang-gelombang terdahulu, yaitu:

1. WNI berusia 18 tahun ke atas
2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
3.Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK atau yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil.
4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
5. Bukan pejabat negara, Pimpinan dan Anggota DPR, ASN, TNI/Polri, Kepala dan Perangkat Desa lainnya, serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
6. Maksimal dalam satu Kartu Keluarga (KK) hanya boleh 2 orang yang menjadi peserta penerima Kartu Prakerja.

Setelah semua syarar terpenuhi, barulah melakukan pendaftaran sebagai calon peserta penerima program Kartu Prakerja. Adapun cara pendaftarannya yaitu:

1. Masuk ke situs www.prakerja.go.id
2.Klik 'Daftar sekarang' bagi calon peserta yang baru mau mendaftar. Sedangkan yang sudah pernah mendaftar pada gelombang sebelumnya tapi tidak lulus maka tinggal klik 'Masuk'.
3. Bagi yang baru mendaftar, silahkan daftar dengan data diri. Kemudian masukkan email, NIK, Nomor KK dan HP yang masih aktif.
4. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi serta tunggu pemgumumannya.
5. Jika lolos, maka anda akan diberikan link untuk memilih pelatihan yang anda inginkan di mitra platform digital dan membayar nya dengan Kartu Prakerja.
6. Selesaikan pelatihan untuk mendapatkan sertifikat.
7. Beri rating serta ulasan pada pelatihan yang telah diikuti.
8. Masukkan rekening/e-wallet pada salah satu mitra pembayaran untuk mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta, yang diberikan dalam 4 tahap (bulan).
9. Isi tiga survey yang diberikan untuk mendapatkan tambahan insentif sebanyak Rp 150 ribu, dengan rincian Rp 50 ribu untuk setiap survey.

Nah, mudah bukan persyaratan dan cara mendaftarnya. Buruan daftarkan diri anda, sebelum program Kartu Prakerja gelombang 44 ini ditutup.