Bagaimana Cara Mengatasi iPhone No Service dan Apa Penyebabnya?

Kartu IMEI yang terblokir merupakan salah satu penyebab iPhone anda no service
HP iPhone merupakan salah satu yang terbaik dan tercanggih di dunia gadget. Pun demikian, bukan berarti HP keluaran perusahaan Apple tersebut tidak memiliki kendala saat dipakai penggunanya. Terkadang, beberapa masalah sering terjadi pada HP yang sedang banyak diincar para pengguna smartphone tersebut. 

Ilustrasi. Foto: Freepik.com

JAKARTA – Salah satu kendala yang kerap terjadi pada iPhone adalah masalah ‘No Service’. Padahal, keadaan seperti ini bisa memberikan hambatan bagi penggunanya.

Apalagi disaat kita sedang berkomunikasi atau berselancar di dunia maya. Lalu tiba-tiba jaringannya hilang total. Tentu hal ini akan membuat kita kelabakan.

Apabila hal itu terjadi, anda tak perlu panik atau langsung emosi dengan melemparkan HP iPhone ke lantai. Karena masih ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu tentang apa yang menyebabkan terjadinya masalah kehilangan jaringan tersebut. Apabila ini sudah diketahui, baru kita bisa mengatasi kendala-kendalanya.

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan iPhone anda mengalami No Service :

1. Sim Card yang bermasalah

Penyebab utama HP iPhone anda mengalami gagal jaringan disebabkan terdapat masalah di kartu sim card yang anda miliki. Ketika tiba-tiba sinyal hilang, itu berarti ada beberapa kendala  di sim card yang sedang anda gunakan. Bisa karena adanya kerusakan kartu atau nomor yang sudah hangus.

2. Wilayah yang tidak mendukung Provider

Apabila kartu sim card yang anda gunakan tidak bermasalah, maka penyebab selanjutnya adalah wilayah atau keberadaan anda yang tidak mampu menjangkau atau mendukung provider yang sedang digunakan. Sehingga HP iPhone anda akan kehilangan jaringan.

3. Nomor IMEI anda terblokir

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor ini merupakan kode etik setiap device yang berlaku secara global pada iPhone yang anda gunakan. Apabila tiba-tiba iPhone anda kehilangan sinyal, bisa jadi hal itu disebabkan karena nomor IMEI anda telah terblokir.

Setelah kita mengetahui hal-hal yang menyebabkan terjadinya masalah no service di iPhone yang kita miliki, baru lah kita bisa mengatasi dengan beberapa tips. Diantaranya, dengan memeriksa area cakupan sinyal provider, melakukan restart pada HP iPhone dan mengecek pembaruan kartu pada pengaturan yang tersedia.

Selain itu, kita juga bisa mencoba untuk mencabut lalu memasukkan kembali kartu sim card, atau bisa juga dengan mereset ulang jaringan serta melakukan update IOS ke versi terbaru.