Taklukkan Persita, Persebaya Raih Poin Perdana

Persebaya taklukkan Persita dengan skor 2-0 di kandang sendiri
Lanjutan Liga 1 Indonesia pekan kedua kembali bergulir minggu ini. Pertandingan antara Persebaya Surabaya melawan Persita Tangerang yang dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin 1 Agustus 2022 baru saja selesai, dimana Bajul Ijo, julukan Persebaya, berhasil mempersembahkan kemenangan perdana untuk para pendukungnya.

Rizky Ridho, Pencetak gol kedua Persebaya. Foto: Kolase Foto Instagram @officialpersebaya

SURABAYA - Kemenangan ini disambut suka cita oleh seluruh pendukung tim, karena ini adalah poin perdana yang didapatkan klub asal kota Surabaya itu di Liga 1 2022 yang baru bergulir 2 pekan. Dimana pada pekan pertama, tim Bajul Ijo harus mengakui keunggulan Persikabo 1973 dengan skor 0-1.

Usai meraih poin penuh perdananya, Persebaya pun langsung nangkring di peringkat kelima klasemen sementara dengan raihan poin tiga dari dua pertandingan yang sudah dilakoni. Sementara itu, bagi Persita Tangerang, ini justru menjadi kekalahan pertama mereka. Setelah pada laga pembuka, tim yang dijuluki Pendekar Cisadane ini berhasilkan mengandaskan perlawanan Persik Kediri dengan skor 2-0.

Jalannya Pertandingan

Bermain di kandang sendiri, Persebaya tampil menekan sejak awal. Serangan demi serangan terus dibangun oleh anak asuh Aji Santoso tersebut. Bahkan di menit ke-7, Persebaya surabaya sebenarnya memiliki peluang lewat pemain asingnya Higor Vidal. Namun, tendangannya masih melenceng dari sasaran.

Gol yang ditunggu-tunggu oleh pendukung Bajul Ijo akhirnya datang juga pada menit 23 lewat kaki pemain andalannya Sho Yamamoto. Proses serangan ini bermula dari sisi kanan, dimana Silvio Junior masuk ke kotak penalti lalu melepaskan umpan tarik. Yamamoto yang menerima umpan tersebut, mampu meneruskan sepakan ke gawang Persita meski dikawal oleh dua pemain. Dan tuan rumah pun memimpin 1-0.

Bak jatuh tertimpa tangga, usai kebobolan, Persita malah harus kehilangan satu pemainnya usai mendapat kartu merah dari wasit karena melakukan pelanggaran keras terhadap Arief Catur.

Kondisi ini berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Persebaya. Dimana mereka kembali berhasil membobol gawang Persita pada menit ke-57. Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho mampu menanduk bola dari hasil sepak pojok Vidal. Tandukannya mengarah ke tiang jauh sehingga tidak mampu dijangkau oleh penjaga gawang Dhika Bhayangkara.

Setelah gol tersebut, Persebaya masih memegang kendali permainan. Namun, hingga peluit akhir dibunyikan. Skor 2-0 untuk kemenangan Persebaya tidak berubah.

Dengan kekalahan ini, Persita Tangerang harus rela melorot ke posisi 7 klasemen sementara. Meski sama-sama memiliki poin 3 dengan Persebaya. Namun, Persita memiliki selisih gol yang lebih sedikit.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya : Satria, Koko, Riswan, Rizky, Arief, Brylian, Hidayat, Supriadi, Vidal, Yamamoto, Silvio.

Persita Tangerang : Dhika, Arif, Yohannes, Cattaneo, Toha, Ezequiel Vidal, Young-Bae, Abu Rizal, Elisa, Ramdhani, Fergonzi