Sosok Jerry Siagian, Perwira Polisi yang Paksa LPSK Lindungi Istri Ferdy Sambo

Saat ini, AKBP Jerry mendekam di Mako Brimob untuk menjalani pemeriksaan
AKBP Jerry Raymond Siagian saat ini menjadi sorotan publik usai ia disebut ikut masuk ke dalam pusaran kasus yang menimpa mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo

AKBP Jerry saat memimpin pengamanan kadus Ratna Sarumpaet. Foto: Kolase Foto FB @divisi humas polri

JAKARTA - Bahkan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengungkap bahwa Jerry Siagian telah memaksa mereka untuk memberikan perlindungan kepada Putri Candrawathi yang merupakan istri dari Irjen Ferdy Sambo itu.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu saat ia membeberkan sebuah fakta perihal adanya pertemuan di Polda Metro Jaya terkait permohonan perlindungan untuk ibu Putri Candrawathi pada 29 Juli 2022 lalu.

Edwin menyebut, mereka hadir dalam rapat tersebut karena diundang pihak Polda Metro Jaya. Dan pertemuan itu langsung dipimpin oleh Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadirreskrimum) AKBP Jerry Raymond Siagian.

"Pertemuannya dipimpin oleh beliau dan Polda Metro Jaya sebagai pihak pengundang menginginkan agar LPSK segera memberikan perlindungan untuk ibu PC sebagai korban pelecehan seksual," ungkap Edwin pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Lalu Siapa Jerry Raymond Siagian?

Dikutip dari Wikipedia, AKBP Jerry Raymond Siagian adalah seoang perwira menengah Polri yang lahir sekitar 44 tahun yang lalu atau pada tahun 1978. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2001 yang berpengalaman di bidang reserse.

Pada tanggal 26 Juli 2021, Jerry diangkat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadirreskrimum) di Polda Metro Jaya. Sebelum mengemban jabatan tersebut, ia bertugas sebagai Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Selama karirnya, Jerry pernah beberapa kali menangani kasus besar, diantaranya Seperti kasus penyebaran berita hoaxs yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet pada tahun 2018 dan kasus penipuan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang menyeret Olivia Nathania, anak dari penyanyi terkenal Nia Daniaty.

Sekedar informasi, hingga saat ini Jerry Siagian masih mendekam di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Ia dtempatkan disana sejak Kamis, 11 Agustus 2022 terkait pelanggaran kode etik dalam kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadr J yang telah menyita perhatian publik dalam rentang waktu sebulan terakhir.