Sering Insomnia? 6 Cara Ampuh Bisa Cepat Tidur

Tidur yang cukup tidak menjamin kualitas tidur baik
Kesulitan tidur malam adalah masalah bagi manusia, karena bisa mengganggu aktivitas dan kesehatan tubuh.

Ilustrasi. Foto: freepik.

TIMES.ID - Ada beberapa cara untuk mengatasi kesulitan tidur, bukan hanya bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan, dengan cara alami juga bisa terbukti ampuh.

Insomnia memiliki banyak arti, mulai dari sulit untuk tidur, bangun terlalu pagi, bangun tengah malam, dan tidak dapat untuk tidur kembali. Kondisi ini harus segera ditangani, sebab, bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh bahkan aktivitas anda.

Dengan berbagai permasalah insomnia, tentu kita memerlukan cara ampuh untuk mengatasi masalah kesulitan tidur.

Agar waktu tidur kamu tetap terjaga dan berkualitas, kamu bisa mencoba cara berikut

1. Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama.
Melakukan kebiasaan tidur dan bangun yang sama dengan konsisten, dapat meberikan efek yang efektif bagi tubuh. Hal ini bisa membuat kamu terbiasa dan disiplin.


2.Tidak mengkonsumsi makanan lemak atau minuman kafein
Agar waktu tidur kamu terjaga, hindari mengkonsusi makanan yang terkandung kemak tinggi sebelum kamu tidur. Karena mengkonsumsi lemak bisa menyebabkan tubuh belerja lebih keras untuk menghancurkan lemak.


3. Hindari barang elektronik sebelum tidur
Sebelum tidur kamu sebaiknya menjauhkan benda elektronik dari sekitar mu setidaknya kurang lebih 1.5 jam sebelum kamu tidur malam. Sebab cahaya ponsel atau elektronik lainnya dapat menggangu hormon melatonin yang membuat tidur jadi terganggu.


4. Mengkonsumsi makanan karbohidrat
Karbohidrat dipercaya dapat membangkitkan hormon tryptophan yang dapat membuat tubuh lebih terasa cepat kantuk. Untuk membuktikan kepatian metode ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.


5. Mandi dengan air hangat
Dengan posisi tubuh yang rileks bisa membuat kita merasa lebih cepat mengantuk dan tidur lebih nyanyak, hal itu bisa dilakukan dengan mandi air hangat.


6. Berlatih pernapasan
Melakukan teknik oernapasan juga bisa membuat kota lebih cepat tidur, teldik ini biasa di sebut 4 7 8, Pertama anda harus menghembuskan nafas dari mulut, kemudian tarik nafas dari hidung hingga gitunhan keempat. Kemudian tahan nafas anda selama 7 detik, dan buang nafas dari mulut selama 8 detik, selama satu nafas.

Jika pernafasan ini dilakukan dengan rutin, dipercaya dapat membantu tubuh anda lebih rileks dan cepat mengantuk.