Rekam Jejak Nico Afinta, Kapolda Jatim, Seniornya Sambo yang Tangkap Mas Bechi

Nico Afinta pernah mengungkap kasus narkoba jenis sabu hingga 1 ton
Irjen Nico Afinta merupakan Perwira Tinggi Polisi yang berasal dari Surabaya lahir pada 30 April 1971. Diketahui Nico adalah senior Irjen Ferdy Sambo tersangka Pembunuhan Brigadir J semasa pendidikan Akademik Polisi (Akpol).

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta. Foto: instagram @hendriksia.

JAKARTA- Sosok Irjen Nico Afinta sempat menghebohkan dunia maya lantaran dirinya mengungkap kasus pencabulan santiwati oleh MSAT atau di kenal Mas Bechi anak kiai di Jombang.

Nico berperan penting dalam penangkapan itu, lantaran ia menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. Bukan hanya penangkapan anak kiai, Nico juga pernah menjadi Kapolda di beberapa daerah Indonesia.

Atas kejadian perkara penting, Perwira Tinggi Polisi Irjen Nico Afinta kini menjadi perhatian publik dan berbagai media.

Nico dikenal sebagai Perwira yang memilki segudang pengalaman di bidang reserse.

Pengalaman Nico memang sudah tidak diragukan lagi, ia merupakan lulusan Akademik Kepolisian (Akpol) tahun 1992.

Setalah itu, dirinya memulai pendidikan di bidang Hukum untuk jenjang S2, S3 di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat. Nico menyelesaikan kuliah nya dengan mendapatkan dua gelar sekaligus, selain gelar Doktor pada tahun 2016 ia juga meraih kelulusan di Sespimti Polri.

Kemudian karir nya berjalan baik hingga dia dipercaya untuk menjabat sebagai Kapolda di beberapa daerah. Ia sempat menduduki Kapolda Kalimantan Selatan sejak Mai 2020 dan kemudian kini menjabat Kapolda Jawa Timur.

Seblum beranjak ke pejabat Polda di daerah, Nico sempat menduduki berbagai jabatan di Polri sejak tahun 1993.

Sejumlah kasus besar pernah di selesaikan dengan baik oleh Nico, bahkan saat ia bertugas di Polda Metro Jaya pernah mengungkap kasus pemyeludupan sabu dari Cina Ke Indonesia. Total sabu yang disita hingga 1 ton.

Dari prestasinya mengungkap kasus besar, membuat namnaya mulai dikenal oleh berbagai pihak.

Kasus besar lain yang diselesaikan Nico yaitu, menangkap 21 tersangka kasus penyelewengan pupuk subsidi ilegal dengan jumlah 279,45 ton pupuk subsidi ilegal.

Baru-baru ini Nico juga melakukan tindakan tegas terhadap penangkapan Moch Subchi Al Tsani alias Mas Bechi tersangka pencabulan santriwati di pondok pesantren Shiddiqiyyah, Jombang, Jawa Timur. Hingga tersangka MSAT menyerahkan diri pada Kamis, (7/7/2022) lalu.

Prestasi selanjutnya, Nico mendapat dua penghargaan spektakuler yaitu penghargaan UNIPTF Bosnia (1998) dan Law Enforcement Award dalam "AP Visa Risk Security Summit 2018"