Profil Ketum PPP Suharso Monoarfa, Didesak Mundur Gegara Pidato Amplop Kiai

Suarso Monoarfa merupakan keturunan pengusaha Gorontalo
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (Ketum PPP) Suharso Monoarfa didesak mundur dari jabatannya sebagai Ketum PPP setelah pidato nya menyinggung tentang 'amplop kia' di salah satu acara yang digelar oleh KPK. 

Ketua Umum Pertai PPP, Suharso Monoarfa. Foto: instagram @dpp.ppp.

TIME.ID- Kini, Suharso Monoarfa telah meminta maaf kepada semua pihak yang merasa tersinggung dari pidato nya beberapa hari lalu.

"Saya juga bahkan sudah menyatakan permohonan maaf saya. Mungkin cara memberi contohnya enggak pas," kata Suharso di Kompleks Istana Kepresidenan, Pada Kamis (25/8/2022).

Meskipun telah meminta maaf, Suharso didesak untuk memundurkan diri dari jabatannya saat ini, desakan tersebut ditulis melalui surat yang di tanda tangani oleh Ketua Majelis Syariah, KH Mustofa Aqil Siraj, Ketua Majelis Pertimbangan, Muhamad Mardiono dan Ketua Majelis Kehormatan DPP PPP, Zarkasih Nur pada (22/8/2022).

Disisilain, Suharso Monoarfa diketahui memilki karir yang mentereng di bidang partai maupun politik. Hingga membuatnya kini dikenal banyak publik.

Suharso Monoarfa merupakan pria kelahiran Mataram, Nusa Temggara Barat 31 Oktober 1954. Meeskipun ia kelahiran NTP, Suharso memilki marga Monoarfa yang merupakan maga Gorontalo.

Marga tersebut di sematkan padanya lantaran Suharso adalah keturunan keluarga pengusaha Gorontalo.

Kemudian Suharso Manoarfa menikahi Carolina Kaluku dan kisah mereka harus berakhir dengan perceraian pada 2 Januari 2012. Namun kini Suharso menikah lagi dengan Nurhayati Effendi, pasangan tersebut memilki dua orang anak yaitu, Andhika Monoarfa dan Raushanfikri Monoarfa.

Disisi pendidikan, Suharso menyandang pendidikan yang terbilang bergengsi, ia pernah melakukan pendidikan hingga keluar negeri. Diketahui, Suharso merupakan tamatan Akademi Pertambangan dan Geologi pada tahun 1973. Setelah menyelesaikan pendidikan di luar negeri, ia melanjutkan pendidikan studi di Institut Teknologi Bandung.

Karena memilki kemampuan yang baik, Suharso kembali mendapat kesempatan berkuliah di EDP University of Michigan dan lulus 1994.

Selain dunia pendidikan, Suharso memasuki dunia politik Indonesia dengan karir awalnya menjadi anggota DPR pada periode 2004 hingga 2009.

Karir Suharso semakin gemilang di dunia politik, hingga ia kembali terpilih menjadi anggota DPR sejak 2009 sampai 2014 dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

Bukan hanya dikurai DPR, Suharso juga pernah di percaya menduduki jabatan sebagai Menteri Perumahan Rakyat pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 22 Oktober 2009, kemudian ia memundurkan diri pada tahun 17 Oktober 2011.

Setelahnya, ia kemabli mendapat jabatan sebagai Ketum PPP yang dikukuhkan pada 19 Desember 2020.