Profil Irjen Ferdy Sambo, Jenderal yang Pernah Jabat Wakapolsek Metro Matraman

Jenderal bintang dua ini selama karirnya belum pernah ditugaskan di luar wilayah pulau Jawa
Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri, Irjen polisi Ferdy Sambo akhir-akhir ini menjadi sorotan publik. Hal ini lantaran ia terseret kasus insiden kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J yang terjadi di rumah dinasnya pada 8 Juli 2022.

Irjen Ferdy Sambo. Foto: Kolase Foto FB @Kemal Manggaukang

JAKARTA - Setelah kejadian itu, banyak masyarakat yang penasaran dengan rekam jejak sang jenderal bintang dua tersebut yang baru saja di mutasi ke posisi Yanma Polri, pada Kamis, 4 Agustus 2022 kemarin.

Pria kelahiran 9 Februari 1973 di Barru, Sulawesi Selatan ini adalah seorang Insperktur Jenderal Polisi lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1994). Dikutip dari Wikipedia, dia merupakan anak dari seorang jenderal yang bernama Mayjen (Purn) Pither Sambo.

Selama karirnya di kepolisian, Irjen Sambo diketahui tidak pernah ditugaskan di luar wilayah pulau jawa. Dia lebih banyak ditempatkan di daerah Jakarta.

Jabatan awalnya setelah lulus Akpol adalah sebagai Pama Lemdiklat Polri pada tahun 1994. Kemudian pada tahun 1995, ia ditugaskan sebagai Pamapta C di Polres Metro Jakarta Timur. Masih pada tahun tersebut, dia diangkat menjadi KatimTekab pada Polres itu.

Dua tahun berselang, Irjen Sambo dipindahkan ke polsek Metro Pasar Rebo, Jakarta Timur sebagai Kanit Resintel. Tak berselang lama dia malah dipindahkan ke Polsek Metro Cakung, masih dengan jabatan yang sama.

Pada tahun 1999, pasca reformasi, ia diangkat sebagai Wakapolsek Metro Matraman, Jakarta Timur selama 2 tahun, sebelum akhirnya dimutasi ke Polres Metro Jakarta Timur sebagai Wakasat Reskrim.

Perjalanan karir Ferdy Sambo terus berjalan mulus. Pada tahun 2003 dia ditunjuk sebagai Kasat Reskrim Polres Bogor, Jawa Barat. Seterusnya ia ditugaskan di Polda Jawa Barat dengan posisi Kanit IV Satops I Dit Reskrim.

Sempat menjadi Wakapolres di Sumedang , akhirnya pada 2008 dia kembali ditarik ke Jakarta menjadi Kasiaga Ops BiroOps Polda Metro Jaya.

Empat tahun melalangbuana di Jakarta, akhirnya suami dari Putri Candrawati ini diangkat sebagai Kapolres Purbalingga pada tahun 2012. Yang kemudian dimutasi menjadi Kapolres Brebes setahun berselang

Pada 2015, Irjen Sambo dimutasi lagi ke Jakarta sebagai Wadirreskrimum Polda Metro Jaya. Setahun kemudian dia malah ditarik ke Bareskrim Polri sebagai Kasubdit IV Dittipidum.

Pria yang diketahui sebagai salah satu jenderal yang memiliki karir mentereng ini terus dipercaya menduduki posisi-posisi penting di Mabes Polri, Diantaranya Koorspripim Polri (2018) dan Dirtipidum Bareskrim Polri (2019).

Sampai puncaknya pada 2020, jenderal bintang dua ini didapuk sebagai Kadiv Propam Polri. Selama dua tahun dia menempati posisi penting tersebut sebelum akhirnya Kapolri Listyo Sigit memutasinya sebagai Pati Yanma Polri.