Profil Boy Rafli Amar, Kepala BNPT Polri

Boy Rafli Amar memilki kemampuan menyapaikan informasi dengan baik
Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H merupakan pria kelahiran Jakarta, 25 Maret 1965 menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Polri. 

Kepala Badan Nasional Penaggulangan Terorisme Komjen. Pol. Boy Rafli Amar . Foto: instagram @boyrafliamar.

JAKARTA- Pria yang sering disebut Boy ini telah berkiprah di dunia kepolisian sejak tahun 1988. Tugas pertamanya dimulai di Polres Metro Jaya setelah lulus Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1988 dengan pangkat Ipda.

Tugas Boy di Kepolisian telah mencakup seluruh wilayah Indonesia, dari Sumatera hingga Papua, bahkan ia juga pernah bertugas di Bosnia. Keahlian Boy dalam bertugas membuatnya bisa menduduki beberapa jabatan seperti bagian Reserse, Anti Teror, hingga Kapolres.

Karir boy kian bersemi setelah dirinya menyelesaikan pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) pada tahun 1997. Bermodal pangkat Komisaris, ia ditugaskan ke Bosnia sebagai Wakil Komandan Kontingen Garuda XIV.

Boy sempat mendapatkan kesempatan menjadi Kapoltabes Padang Sumatera Barat hingga namanya semakin terkenal. Sejak itu, ia diratik kembali ke Polda Metro Jaya sebagai Kabid Humas pada tahun 2008.

Diketahui, boy memiliki kemampuan menyampaikan informasi terkait isu-isu Kepolisian dengan baik, ia diminta terus memperkuat jajaran Humas Polri.

Karir Boy dibagian humas terus meningkat, hingga ia diangkat menjadi Kabagpenum Ropenmas Divisi Humas Polri, dan Karopenmas. Selanjutnya namanya kian populer lantaran Boy selalu tambil dengan baik dan menjadi rujukan berbagai media.

Ditengah kepopuleran dirinya, ia mendapatkan tugas baru menjadi Kapolda Banten pada 2014 menggantikan Brigjen Pol Muhammad Zulkarnain.

Tidak diragukan lagi, Boy memang handal dalam menyampaikan informasi dengan baik, bahkan dirinya mampu meredam konflik kepolisian dengan KPK. Saat menjabat sebagai Kapolda Banten, ia sering bolak balik Jakarta-Banten, karena banyak media meminta Boy untuk menjadi corong Polri dalam menyampaikan informasi.

Pada tahun 2016, Kapolri Badrodin Haiti yang memimpin saat itu, menunjuk Boy Rafli Amar menjadi orang nomor satu di bagian Divisi Humas Polri dengan pangkat bintang dua (Irjen).

Akhirnya, Tepat tertanggal 1 Mei 2020 Boy Rafli Amar menjadi Kepala BNPT melalui Telegram Kapolri Nomor ST/1377/V/KEP/2020 hingga saat ini.